Unjuk Kebolehan Insan Vokasi di Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka

13 Desember 2023 15:35 WIB
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( )

Sonora.ID - Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka menjadi sarana bagi para insan vokasi untuk menunjukkan hasil karyanya.

Salah satu sesi yang menarik perhatian adalah Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati, terlibat dalam demo masak bersama dengan Rizkisyah Putra Singarimbun, seorang alumni jurusan Tata Boga SMKN 8 Medan.
 
Dirjen Diksi, Kiki Yuliati, mengungkapkan gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka merupakan dua kegiatan yang digabung menjadi satu, dengan tujuan besar untuk menyampaikan ke publik perubahan-perubahan yang sudah dilakukan, dan menunjukkan sebagian hasil dari perubahan tersebut ke publik.

“Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi para peserta didik, para guru, para dosen yang sudah berkarya di kampus dan di sekolah masing-masing untuk menunjukkan kebolehan mereka selama ini ke semua pihak,” ujar Dirjen Kiki, di Jakarta, pada Senin (11/12/2023).
 
Dirjen Kiki menjelaskan, transformasi pendidikan vokasi saat ini sudah berada di jalan yang benar untuk bisa sejajar dengan pendidikan akademik.
 
Lebih lanjut, Dirjen Kiki mengatakan bahwa pendidikan vokasi menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, berwirausaha, atau melanjutkan studinya.
 
“Dibalik siap kerja itu, pendidikan vokasi juga menyiapkan siswanya untuk menghadapi masa depan. Nah untuk itu memang harus melalui proses pembelajaran yang membuat mereka suka belajar. Jadi, itu yang yang kita ingin transformasikan, belajar itu untuk kepentingan siswa dan siswa mencintai apa yang dipelajarinya,” ujarnya.
 
Sementara itu, Rizkisyah Putra Singarimbun, atau yang dikenal dengan sapaan Kiki, seorang alumni jurusan Tata Boga SMKN 8 Medan, mengakui bahwa gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali. 
 
“Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka banyak sekali ilmu-ilmu yang bisa diambil, selain itu juga banyak perspektif dari teman-teman yang memang keren-keren. Hal itu menjadi bukti bahwa kualitas pendidikan dalam negeri khususnya pendidikan vokasi memang berhasil mencetak orang-orang yang memang kompeten jadi ini adalah wujud yang nyata bahwasannya produk dalam negeri juga sangat bisa bersaing di dunia industri,” ucap Kiki yang merupakan seorang finalis ajang lomba memasak tingkat nasional.
 
Kiki lalu mengatakan bahwa pendidikan vokasi sangat memberikan manfaat bagi dirinya. Pendidikan vokasi itu membentuk karakter, pembentukan budi pekerti, pembentukan diri lebih ke fundamental. 

"Jadi bagaimana kita bisa bersikap di industri, bagaimana kita bisa bersikap di dunia kerja yang nyata nanti,” terangnya.
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menggelar Vokasifest x Festival Kampus Merdeka yang berlangsung pada 11 s.d. 12 Desember 2023 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Gelaran tersebut dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm