Duet BKKBN Kalsel dan Lanal Banjarmasin, Gelar Bakti Sosial dan KB Atasi Stunting

14 Desember 2023 09:33 WIB
Susur Sungai Bhakti Sosial Kesehatan dan KB yang dipusatkan di Desa Baruh Jaya, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)
Susur Sungai Bhakti Sosial Kesehatan dan KB yang dipusatkan di Desa Baruh Jaya, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ( )

Hulu Sungai Selatan, Sonora.ID – Menggandeng Lanal Banjarmasin, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Susur Sungai Bhakti Sosial Kesehatan dan KB yang dipusatkan di Desa Baruh Jaya, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pada Rabu (13/12).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan bakti sosial tersebut meliputi Sosialisasi Remaja Genting (Impelentasi Nyata Genre Cegah Stunting, Sosialisasi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), Pelayanan KB MKJP dan pemeriksaan USG Ibu Hamil.

Selanjutnya juga ada Pelayanan Sunatan masal, Pelayanan Kesehatan Umum, Pelayanan Kesehatan Gigi, Pelepasan Borneo Mupen on the Road, dan Penyerahan bantuan kepada Anak Usia di bawah 2 tahun yang Terindikasi Stunting Berupa Telur untuk Keluarga Berisiko Stunting dan Susu Ibu Hamil.

Di sela-sela kegiatan, Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan menjelaskan, tujuan utama digelarnya kegiatan Susur Sungai Bhakti Sosial ini adalah menurunkan angka stunting melalui kolaborasi dengan semua eleman mitra kerja dan pemerintah daerah serta pemerintah desa pada keluarga yang berisiko stunting.

Baca Juga: Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Buka Pelaksanaan Reviu Program Percepatan Penurunan Stunting

“Melalui kegiatan ini kita berharap ada peningkatan perubahan prilaku masyarakat dalam percepatan penurunan stunting,” ujar Ramlan.

Selain tujuan utama tersebut, kegiatan baksi sosial ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan capaian KB MKJP dengan memperluas akses pelayanan KB di wilayah dan sasaran khusus.

“Juga ada upaya peningkatan pengetahuan remaja terkait edukasi gizi dan pencegahan anemia untuk mencegah kelahiran bayi stunting,” sambungnya.

Ramlan menilai, kegiatan ini menjadi penting untuk dilakukan agar dapat mendukung pencapaian Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di Provinsi Kalsel, khususnya di Kabupaten HSS.

Tak lupa ia mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait serta mitra kerja terkait, atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi ini dapat terselenggara dengan baik.

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm