Jakarta Koperasi Hidroponik Mampu Berdayakan Masyarakat Jakarta

16 Desember 2023 16:48 WIB
Jakarta Koperasi Hidroponik Mampu Berdayakan Masyarakat Jakarta
Jakarta Koperasi Hidroponik Mampu Berdayakan Masyarakat Jakarta ( win)

 
Jakarta, Sonora.ID – Langkah aktif dalam mendukung penerapan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui penyelenggaraan program Corporate Social Responsibility (CSR) dilakukan berbagai pihak, termasuk kalangan perbankan.
 
Salah satunya dukungan Bank DKI dalam program Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK). Program CSR ini pun kembali diapresiasi dengan meraih penghargaan dari IDX Channel sebagai Program CSR Category Economic Development Initiatives. 
 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan Infrastruktur dan Manajemen Informasi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, Dharma Setyadi pada gelaran Anugerah CSR IDX Channel 2023 bertajuk ‘Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation’ yang diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (12/12).
 
Melalui capaian ini, Bank Pembangunan Daerah (BPD), seperti Bank DKI telah mampu menunjukkan bahwa perbankan turut menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan dan penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta.
 
Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas Direktur Utama, Amirul Wicaksono mengatakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan serta peningkatan kualitas hidup. Menurutnya, lewat program Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014, mampu melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat. 
 
"Saat ini, JAKONIK telah memiliki 9 kelompok anggota yang tersebar di 9 wilayah rusun di Jakarta," ujarnya.
 
 
Ia menjelaskan para anggota JAKONIK telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik dari hulu hingga hilir, dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, penyedia sarana dan prasarana seperti pupuk, bibit dan peralatan.
 
Anugerah CSR IDX Channel 2023 merupakan bentuk apresiasi dari IDX Channel kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja CSR yang unggul dan konsisten. Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian, terdiri atas 3 aspek utama, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, aspek Good Corporate Governance, dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis. 
 
Adapun tema bertajuk ‘Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation’ bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang berdampak kepada bisnis, masyarakat dan lingkungan di masa perbaikan ekonomi.
 
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan keberhasilan CSR dapat dilihat dari manfaat yang dihasilkan bagi masyarakat.
 
“JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan Jakonik terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” ungkap Arie.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm