50 Ayat Alkitab tentang Pengharapan yang Sarat Doa dan Makna

18 Desember 2023 14:20 WIB
Ilustrasi ayat alkitab tentang pengharapan
Ilustrasi ayat alkitab tentang pengharapan ( freepik.com)

Sonora.ID - Ayat Alkitab tentang pengharapan menjadi salah satu ayat yang penuh dengan doa serta makna bagi umat kristiani.

Membaca Alkitab dapat membuat umat kristiani menjadi lebih memaknai hidup dengan penuh harap atas keagungan Tuhan.

Ada banyak sekali ayat alkitab yang penuh dengan doa, salah satunya adalah ayat alkitab tentang pengharapan.

Dengan membaca ayat alkitab ini, kamu pun dapat bergantung kepada kuasa Tuhan ketika hidup sedang sulit untuk dijalani.

Berikut Sonora ID bagikan 50 ayat alkitab tentang pengharapan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 15 Ayat Alkitab yang Cocok Dibaca untuk Merayakan Natal

  • Yesaya 41:10 
    "Janganlah takut, sebab Aku menyertai dia, janganlah bimbang, sebab Aki ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong sekalipun; Aku akan memegang tangan kanan Ku yang membawa kemenangan."
  • Ulangan 31: 6 
    "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai bersama; Ia tidak akan meninggalkanmu dan tidak akan meninggalkanmu."
  • Kolose 1: 5
    "Oleh karena pengharapan, disediakan untuk kamu di surga. Tentang pengharapan itu telah lebih dulu kamu dengar dalam firman kebenaran, yaitu Injil."
  • Kolose 1:27 
    "Kepada mereka adalah Allah yang berhak, kaya dan mulianya rahasia di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang menjadi pengharapan akan kemuliaan!"
  • 1 Petrus 5:10 
    "Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya."
  • Efesus (1:18-19)
    "Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilanNya. Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukanNya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasaNya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasaNya."
  • Filipi (4:6-7)
    "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur."
  • Petrus (1:13)
    "Dalam pengajarannya, Rasul Petrus mengingatkan kita bahwa untuk selalu menggunakan akal dalam menghadapi masalah."
  • Roma (15:4)
    "Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."
  • 1 Timotius (4:10)
    "Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juru Selamat semua manusia, terutama mereka yang percaya."
  • 1. Mazmur 33:18
    "Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, bagi mereka yang mengharapkan akan terima kasih-Nya."
  • Mazmur 42: 5
    "Mengapa kamu tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Karena aku akan bersyukur lagi untuk-Nya, penolongku dan Allahku!"
  • Mazmur 71: 5 
    "Karena Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah."
  • Mazmur 119: 146-14
    "Aku berseru untuk-Mu; selamatkanlah aku! Aku mau berpegang pada saat mengingat-ingat-Mu. Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap untuk firman-Mu. Aku bangun mendahului waktu malam untuk merenungkan janji-Mu."

Baca Juga: 15 Rekomendasi Ayat Alkitab Cocok Buat Bio Instagram

  • Amsal 23:18
    "Karena masa depan akan ada dan harapanmu tidak akan hilang."
  • Zefanya (3:17)
    "Tuhan Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai."
  • Yeremia (29:11)
    "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu. Demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."
  • Roma 5: 4-5
    "Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita."
     
  • Yeremia 29:1
    "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."
  • Amsal 3: 5-6
    ""Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."
  • Yosua 10:25
    "Lalu berkatalah Yosua kepada mereka: “Janganlah takut dan janganlah tawar hati, kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab secara itulah akan dilakukan Tuhan kepada semua musuhmu, yang kamu perangi."
     
  • Rut 1:12
    "Pulanglah, anak-anakku, pergilah, sebab sudah terlalu tua aku untuk bersuami. Seandainya pikirku: Ada harapan bagiku, dan sekalipun malam ini aku bersuami, bahkan sekalipun aku masih melahirkan anak laki-laki."
     
  • Yeremia 17: 7-8
    "Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang meminjamkan harapannya pada Tuhan! Ia akan menyukai pohon yang ditanam di tepi udara, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang udara, dan yang tidak bertambah panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak memerlukan musim panas, dan yang tidak menghasilkan buah."
     
  • Kolose 1:27
     
    "Kepada mereka adalah Allah yang berhak, kaya dan mulianya rahasia di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang menjadi pengharapan akan kemulian!"
     
  • Tesalonika 4: 13-14
    "Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, kamu tidak mengerti tentang mereka yang meninggal, disetujui kamu jangan berduka cita seperti orang lain yang tidak memiliki pengharapan, Karena jikalau kita percaya, Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia."
     
  • Mazmur 31: 17-18
    "Kuda adalah harapan sia-sia untuk mencapai kemenangan, yang terlalu besar ketangkasannya tidak dapat memberi keluputan. Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan berterima kasih-Nya."
     
  • Ulangan 31: 6
    "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau"
  • Roma 12:11 
    "Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan."
  • Galatia 1:10
    "Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus."
  • Korintus 9:7
    "Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita."
  • Yosua 23:14
    "Maka sekarang, sebentar lagi aku akan menempuh jalan segala yang fana. Sebab itu insaflah dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, bahwa satu pun dari segala yang baik yang telah dijanjikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, tidak ada yang tidak dipenuhi. Semuanya telah digenapi bagimu. Tidak ada satu pun yang tidak dipenuhi."
  • Yohanes 4:34
    "Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya."

Baca Juga: 20 Ayat Alkitab tentang Iman Bangkitkan Harapan saat Terpuruk

  • Filipi (4: 6-7)
    "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur."
     
  • Roma 15:4
    "Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."
  • 1 Timotius 4:10
    "Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juru Selamat semua manusia, terutama mereka yang percaya."
     
  • Zefanya 3:17
    "Tuhan Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai."
     
  • 1 Yohanes 3:3
    "Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci."
  • 1 Petrus 1:13
    "Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus."
     
  • Efesus 1: 18-19
    "Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya."
     
  • Maleakhi 3:16
    "Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan Tuhan: "Tuhan memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan Tuhan dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Itulah 40 ayat alkitab tentang pengharapan yang dapat kamu simak; jangan lupa maknai dengan khidmat, ya!

 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm