Perkuat Sistem Biosekuriti Hewan Ruminansia Impor, Sahat Bertemu Pelindo di Cilacap

18 Desember 2023 15:10 WIB
Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin), Sahat M. Panggabean
Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin), Sahat M. Panggabean ( Dok Barantin)

Cilacap,Sonora.Id - Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin), Sahat M. Panggabean bertemu dengan Hapsoro Nugroho, General Manager Pelabuhan Tanjung Intan, PT Pelindo di Cilacap guna memperkuat sistem biosekuriti khususnya pada pemasukan hewan ruminansia asal luar negeri.

“Saat ini kebutuhan akan hewan ruminansia, khusus sapi impor masih cukup tinggi, dan sesuai dengan tusi pengawasan, kami berkolaborasi guna penguatan sistem biosekuritinya,” kata Sahat melalui keterangan persnya, Senin (18/12).

Menurutnya, penguatan pengawasan dan pengendalian potensi penyakit hewan harus diperkuat di ‘border’, baik dipelabuhan, bandar udara dan pos lintas batas. Kolaborasi antar instansi terkait sangat diperlukan, termasuk di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap.

Pelabuhan yang berada di selatan pulau Jawa dan berbatasan dengan Samudra Hindia ini mampu menampung kapal berkapasitas besar dengan kedalaman -6 sd -12 MLVS. Dengan lokasi strategis ini, Pelabuhan Tanjung Intan diproyeksikan menjadi tempat pemasukan hewan ruminansia impor di Pulau Jawa.

Baca Juga: Belum Hijau, Sahat Inspeksi Layanan Karantina di Jawa Timur

“Dari pertimbangan strategis, baik jarak, sarana dan prasarana di Pelabuhan Tanjung Intan mencukupi, dan Karantina siap untuk mendukung proses bisnisnya,”ungkap Sahat.

Hapsoro menyambut baik upaya yang dilakukan dari Barantin untuk pengembangan IKH guna penguatan sistem biosekuriti perkarantinaan.

“Saya umpamakan ini bagaikan hujan di musim kemarau, pelabuhan akan kembali ramai paska masa pandemi. Kami siap mendukung penguatan IKH di Cilacap,” kata Hapsoro.

Sebagai informasi, IKH yang berada di area pelabuhan digunakan untuk melakukan pengasingan, pengamatan dan pemeriksaan hewan asal luar negeri selama 10 hingga 14 hari. Pada masa karantina, Petugas Karantina akan melakukan pengamatan klinis dan pemeriksaan laboratorium yang dipersyaratkan guna memitigasi penyakit hewan.

Dengan adanya IKH dipelabuhan akan memudahkan dalam memitigasi resiko penyebaran penyakit hewan tersebut.

Dwi Astuti, pejabat di Satuan Pelayanan Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Pelabuhan Tanjung Intan yang turut hadir mendampingi menyebutkan bahwa saat ini kapasitas Instalasi Karantina Hewan (IKH) di Pelabuhan Tanjung Intan mampu menampung 2.000 ekor sapi. Dengan sarana dan prasarana seperti kandang, tempat isolasi dan laboratorium yang sesuai dengan standard biosekuriti.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm