Arti Penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD beserta Contoh Perilakunya

21 Desember 2023 11:12 WIB
Ilustrasi arti penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD beserta contoh perilakunya.
Ilustrasi arti penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD beserta contoh perilakunya. ( Pixabay/picjumbo.com)

Sonora.ID - Arti penilaian BB, MB, BSH, BSB yang disingkat di pencatatan nilai di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mungkin membingungkan bagi sebagian orang tua.

Penilaian tersebut umumnya diberikan dalam format ceklis dengan tanda centang atau simbol tertentu.

Selain bertujuan untuk memudahkan guru, hal ini dilakukan untuk menandai ketercapaian indikator tertentu.

Dilansir dari laman Paud Pedia Kementrian Pendidikan (Kemdikbud), penilaian dilakukan selama pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung.

Hasil perkembangan anak harus didokumentasikan dengan pengamatan atau observasi, percakapan, penugasan, hingga penilaian hasil karya.

Baca Juga: 20 Contoh Deskripsi Refleksi Orang Tua di Raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka

Arti Penilaian BB, MB, BSH, dan BSB

Dalam implementasi penilaian format ceklis, terdapat empat skala yakni BB, MB, BSH, dan BSB.

Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini arti penilaian BB, MB, BSH, BSB.

  • Belum Berkembang (BB), mengindikasikan bahwa anak membutuhkan bimbingan atau contoh dari seorang guru saat melakukan suatu aktivitas. Pada fase ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan arahan dan membantu anak memahami tugas atau keterampilan yang sedang dipelajari.

  • Mulai Berkembang (MB), mengindikasikan bahwa anak masih memerlukan pengingat atau bantuan dari guru ketika melaksanakan aktivitas tertentu. Meskipun telah menunjukkan kemajuan, anak pada tahap ini masih bergantung pada dukungan guru untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

  • Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mengindikasikan bahwa anak telah mencapai tingkat kemandirian yang lebih tinggi. Pada tahap ini, anak mampu melakukan tugas tanpa bantuan atau bimbingan terus-menerus dari guru. Mereka mampu konsisten dalam menjalankan aktivitas tanpa perlu diingatkan atau dicontohkan oleh orang dewasa.

  • Berkembang Sangat Baik (BSB), mencerminkan pencapaian tertinggi dalam perkembangan anak. Pada fase ini, anak tidak hanya mampu melakukan tugas secara mandiri, tetapi juga dapat membantu teman-teman mereka yang mungkin belum mencapai tingkat keterampilan yang diharapkan. Kemampuan untuk memberikan dukungan kepada orang lain menandai kematangan sosial dan emosional anak dalam lingkungan pembelajaran.

Contoh Perilaku BB, MB, BSH, BSB

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm