Arti Penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD beserta Contoh Perilakunya

21 Desember 2023 11:12 WIB
Ilustrasi arti penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD beserta contoh perilakunya.
Ilustrasi arti penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD beserta contoh perilakunya. ( Pixabay/picjumbo.com)

Sonora.ID - Arti penilaian BB, MB, BSH, BSB yang disingkat di pencatatan nilai di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mungkin membingungkan bagi sebagian orang tua.

Penilaian tersebut umumnya diberikan dalam format ceklis dengan tanda centang atau simbol tertentu.

Selain bertujuan untuk memudahkan guru, hal ini dilakukan untuk menandai ketercapaian indikator tertentu.

Dilansir dari laman Paud Pedia Kementrian Pendidikan (Kemdikbud), penilaian dilakukan selama pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung.

Hasil perkembangan anak harus didokumentasikan dengan pengamatan atau observasi, percakapan, penugasan, hingga penilaian hasil karya.

Baca Juga: 20 Contoh Deskripsi Refleksi Orang Tua di Raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka

Arti Penilaian BB, MB, BSH, dan BSB

Dalam implementasi penilaian format ceklis, terdapat empat skala yakni BB, MB, BSH, dan BSB.

Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini arti penilaian BB, MB, BSH, BSB.

  • Belum Berkembang (BB), mengindikasikan bahwa anak membutuhkan bimbingan atau contoh dari seorang guru saat melakukan suatu aktivitas. Pada fase ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan arahan dan membantu anak memahami tugas atau keterampilan yang sedang dipelajari.

  • Mulai Berkembang (MB), mengindikasikan bahwa anak masih memerlukan pengingat atau bantuan dari guru ketika melaksanakan aktivitas tertentu. Meskipun telah menunjukkan kemajuan, anak pada tahap ini masih bergantung pada dukungan guru untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

  • Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mengindikasikan bahwa anak telah mencapai tingkat kemandirian yang lebih tinggi. Pada tahap ini, anak mampu melakukan tugas tanpa bantuan atau bimbingan terus-menerus dari guru. Mereka mampu konsisten dalam menjalankan aktivitas tanpa perlu diingatkan atau dicontohkan oleh orang dewasa.

  • Berkembang Sangat Baik (BSB), mencerminkan pencapaian tertinggi dalam perkembangan anak. Pada fase ini, anak tidak hanya mampu melakukan tugas secara mandiri, tetapi juga dapat membantu teman-teman mereka yang mungkin belum mencapai tingkat keterampilan yang diharapkan. Kemampuan untuk memberikan dukungan kepada orang lain menandai kematangan sosial dan emosional anak dalam lingkungan pembelajaran.

Contoh Perilaku BB, MB, BSH, BSB

Sebagai contoh, pada tingkat kemampuan "berdoa sebelum belajar," perilaku anak yang termasuk BB, MB, BSH, BSB yakni sebagai berikut

BB (Belum Berkembang)
Jika seorang anak berdoa sebelum belajar, baik lafal doanya maupun sikapnya masih memerlukan bimbingan dan/atau contoh dari seorang guru. 

MB (Mulai Berkembang)
Jika seorang anak sudah berdoa sebelum belajar, baik lafal doanya maupun sikapnya masih memerlukan pengingat dari guru. Guru dapat memberikan dorongan positif, seperti mengingatkan anak dengan lembut, "Rana, mari kita berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Bagaimana sikap berdoamu?" Pada tahap ini, anak telah menunjukkan kemajuan, namun masih memerlukan panduan dari orang dewasa.

Baca Juga: 30 Contoh Refleksi Orang Tua di Raport TK-PAUD, yang Sopan dan Bijak

BSH (Berkembang Sesuai Harapan)
Bila anak mampu berdoa sebelum belajar, baik lafal doanya maupun sikapnya sudah muncul secara utuh, mandiri, dan konsisten, tanpa perlu diingatkan oleh guru. Pada tahap ini, anak telah mencapai tingkat kemandirian yang signifikan dalam mengekspresikan doa sebelum belajar.

BSB (Berkembang Sangat Baik)
Bila anak dapat berdoa sebelum belajar dengan lafal doa dan sikap yang utuh, mandiri, dan konsisten, serta mampu membantu teman-temannya, ini mencerminkan pencapaian tertinggi. Anak pada tingkat ini tidak hanya mampu berdoa sendiri tanpa bimbingan guru, tetapi juga memiliki kemampuan untuk berbagi pengalaman spiritual dengan teman-teman sejawatnya. Hal ini menunjukkan kematangan sosial dan spiritual yang tinggi pada anak dalam konteks berdoa sebelum belajar.

Demikian tadi penjelasan terkait arti penilaian BB, MB, BSH, BSB di PAUD. Semoga bermanfaat!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm