Berdayakan Lingkungan dan Masyarakat, Pertamina Regional Sulawesi Sabet 2 PROPER Emas

23 Desember 2023 16:33 WIB
Penghargaan PROPE Emas yang diraih Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi
Penghargaan PROPE Emas yang diraih Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi ( Dok Pertamina)

Makassar, Sonora.ID - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi berhasil meraih 2 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Emas 2023 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ini tidak lepas dari komitmen Pertamina Sulawesi dalam mendukung bisnis berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Raihan PROPER Emas ini diberikan untuk Integrated Terminal (IT) Makassar dengan program pemberdayaan masyarakat Sekolah Anak Percaya Diri dan Fuel Terminal (FT) Parepare dengan program pemberdayaan masyarakat Kampung Energi Berdikari Bacukiki.

Selain itu, Pertamina Regional Sulawesi juga meraih 3 PROPER Hijau oleh DPPU Hasanuddin, FT Poso dan IT Bitung, serta 7 PROPER Biru yang diraih FT Palopo, FT Kendari, FT Raha, DPPU Mutiara, FT Toli Toli, FT Tahuna dan DPPU Samratulangi.

Tidak hanya itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi pun meraih Juara 1 Video Terbaik PROPER Tahun 2023 untuk Video Program IT Makassar - Sekolah Anak Percaya Diri yang diserahkan langsung oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Sigit Reliantoro.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya menyelenggarakan PROPER berdasarkan kepatuhannya terhadap aspek lingkungan.

Indikator penilaian antara lain tidak melakukan pencemaran bahkan mampu melakukan penghematan energi, memberikan manfaat serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar melalui program CSR pemberdayaan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, raihan ini merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak hanya mementingkan keuntungan semata namun tetap mengedepankan aspek utama lainnya yaitu lingkungan dan masyarakat.

“Tidak hanya sekedar charity memberikan donasi atau bantuan kemudian selesai, lebih dari itu kami mengutamakan program pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan di sekitar wilayah operasional untuk masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebut, program pemberdayaan masyarakat yang berjalan di unit operasi peraih PROPER Emas misalnya adalah Program Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD) IT Makassar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm