Wujudkan Medan Smart City, Pemko Medan Hadirkan CC Room ITS Kolaborasi Medan Berkah

29 Desember 2023 12:20 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat launching CC Room Inteligent Transport System (ITS) Medan Berkah Kota Medan di Jalan Balai Kota, Rabu (27/12) petang
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat launching CC Room Inteligent Transport System (ITS) Medan Berkah Kota Medan di Jalan Balai Kota, Rabu (27/12) petang ( Sonora/Rini)

Medan, Sonora.id - Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Perhubungan (Dushub) Kota Medan menghadirkan CC Room Inteligent Transport System (ITS) Medan Berkah dengan harapan dapat memantau lalu lintas dengan jauh lebih optimal dan efektif.

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution pada acara launching CC Room Inteligent Transport System (ITS) Medan Berkah Kota Medan yang ditandai dengan pengguntingan pita di CC Room ITS, berlokasi di Jalan Balai Kota, Rabu (27/12) petang.

Selain itu, Bobby Nasution berharap CC Room ITS juga menjadi pusat komando ragam informasi di Kota Medan karena terintegrasi dengan perangkat daerah lain di lingkungan Pemko Medan serta pihak kepolisian, seperti informasi ketinggian air di Sungai Deli dan Sungai Babura dan pemantauan kondisi ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum).

Melalui CC Room ITS juga bisa memantau ketinggian genangan air permukaan jalan, kejadian kebakaran yang membutuhkan prioritas jalur untuk petugas pemadam kebakaran Medan, monitoring parkir, smart lampu penerangan jalan umum (LPJU) dan lainnya.

Baca Juga: Pemprov Sumut dan Pemko Medan Tinjau Sejumlah Gereja, Pastikan Ibadah Natal Aman dan Damai

Bobby Nasution mengatakan, selain pembangunan secara fisik untuk penambahan ruas jalan melalui pembangunan under pass dan overpass, pembangunan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi hal penting yang harus dilakukan Pemko Medan.

Bobby Nasution menyebutkan CC Room ITS sebagai hardware akan menjadi banyak manfaat jika banyak aplikasi yang dimasukkan untuk mengembangkan kegunaannya.

"Oleh karenanya saya sampaikan, kamera kita mungkin hanya satu yang terpasang, tapi fungsinya harus bisa mewakili hal-hal terkait perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan. Ataupun harus bisa digunakan stakeholder maupun Forkopimda di Kota Medan. Jadi, semua perangkat daerah atau Forkopimda, silakan mengkoneksikan di sini, " tambah Bobby Nasution.

Sementara itu, Kadishub Kota Medan Iswar Lubis mengungkapkan, ada sebanyak 399 kamera CCTV yang terdiri dari 177 unit kamera PT dan 222 unit kamera VID. " Sebelumnya, kamera yang kita miliki hanya berfungsi untuk keperluan lalu lintas.Tapi, sekarang lebih efektif karena dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan dari perangkat daerah terkait maupun Forkopimda, " jelas Iswar. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm