Contoh Seleksi Alam dalam Kehidupan Lengkap dengan Pengertiannya

3 Januari 2024 14:15 WIB
Kumpulan contoh seleksi alam dalam kehidupan lengkap dengan penjelasan pengertiannya.
Kumpulan contoh seleksi alam dalam kehidupan lengkap dengan penjelasan pengertiannya. ( pixabay)

Sonora.ID - Lingkungan tempat organisme melangsungkan kehidupannya selalu berubah. Perubahan-perubahan itu di antaranya berupa, perubahan iklim, ketersediaan sumber daya alam atau makanan, ketersediaan lahan, isolasi wilayah, polusi, atau bencana alam.

Perubahan lingkungan ini dapat terjadi secara terus menerus dan membatasi kehidupan makhluk hidup sehingga jika makhluk hidup tidak mampu bertahan terhadap perubahan lingkungan, maka ia bisa mati dan punah.

Faktor-faktor perubahan lingkungan yang terjadi di ekosistem secara ilmiah akan menyeleksi kelompok organisme mana yang dapat bertahan hidup atau tidak.

Itulah yang dimaksud dengan seleksi alam. Lantas apa saja contoh seleksi alam dalam kehidupan itu?

Berikut ini paparan mengenai kumpulan contoh seleksi alam yang kami kutip dari buku Pengantar Biologi: Teori Komprehensif.

Contoh Seleksi Alam

(1) Di habitat ada kutu merah dan kutu hijau. Burung-burung lebih menyukai rasa kutu merah, jadi segera ada banyak kutu hijau dan beberapa kutu merah. Kutu hijau mereproduksi dan membuat lebih banyak kutu hijau dan akhirnya tidak ada lagi kutu merah.

(2) Dalam suatu ekosistem beberapa jerapah memiliki leher yang panjang dan yang lain memiliki leher pendek. Jika sesuatu menyebabkan semak-semak dataran rendah mati, jerapah dengan leher pendek tidak akan mendapatkan cukup makanan. Setelah beberapa generasi, semua jerapah akan memiliki leher yang panjang.

(3) Spesies tikus hidup di jenis pohon tertentu dengan cabang-cabang berjarak sama. Tikus yang lebih kecil tidak dapat mencapai dari cabang ke cabang dan tikus yang lebih besar akan mematahkan cabang dan jatuh. Segera, semua tikus berukuran tepat untuk cabang-cabang pohon.

(4) Tikus rusa yang bermigrasi ke bukit pasir Nebraska berubah dari coklat tua ke coklat muda agar lebih baik bersembunyi dari pemangsa di pasir.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm