8 Contoh Folktale Lengkap dengan Pengertian dan Struktur Tulisannya

10 Januari 2024 13:23 WIB
Ilustrasi cerita rakyat Malin Kundang
Ilustrasi cerita rakyat Malin Kundang ( Pinterest)
 
Sonora.ID - Simak 8 contoh folktale lengkap dengan pengertian dan strukturnya.

Folktale adalah bentuk cerita rakyat dalam bahasa Inggris yang beredar secara lisan di antara orang-orang. Secara umum, jenis cerita ini tidak diketahui pengarangnya.

Contoh folktale dari luar negeri antara lain The Pied Piper, Jack and the Beanstalk, The Goose Girl, Goldilock and the Three Bears, dan The Frog King.

Adapun contoh folktale dari Indonesia, seperti Timun Mas, Si Kancil, dan Sangkuriang.

Struktur folktale

Folktale merupakan salah satu bentuk teks naratif yang terbagi menjadi tiga bagian.

  • Orientation

Bagian awal dari teks naratif folktale memperkenalkan tokoh, latar/setting tempat, dan waktu.

  • Complication

Pada bagian complication, tokoh atau karakter utama dalam cerita mulai menghadapi konflik.

  • Resolution

Resolution merupakan bagian ketika masalah atau konflik mereda atau selesai.

Baca Juga: 15 Contoh Kalimat Relative Pronoun Beserta Pengertian & Penggunaannya

Berikut ini 8 contoh Folktale yang dilansir dari English Academy.

1. Jack and the Beanstalk

Once upon a time, there was a poor widow and her son Jack, who lived in a small cottage. They were so poor that their only possession was a cow named Milky-White. One day, when they had nothing left to eat, the widow told Jack to take the cow to the market and sell her so they could buy food.

On the way to the market, Jack met a mysterious old man who offered to trade him magic beans for Milky-White. Intrigued by the idea of magic beans, Jack agreed to the trade and returned home with the beans. His mother was furious and threw the beans out the window before sending Jack to bed without dinner.

The next morning, Jack awoke to find a giant beanstalk had grown overnight from the beans. He decided to climb the beanstalk and found himself in a land high above the clouds. There, he discovered a castle inhabited by a terrifying giant and his wife. The giant had a goose that laid golden eggs and a magical harp that played beautiful music.

Jack stole the goose and the harp, but as he was leaving, the harp cried out, alerting the giant. The giant chased Jack down the beanstalk, but Jack managed to climb down quickly and cut the beanstalk down. The giant fell to his death, and Jack and his mother were able to live in comfort with the wealth provided by the golden eggs.

Terjemahan:

Dahulu kala, ada seorang janda miskin dan anak laki-lakinya, Jack, yang tinggal di sebuah gubuk kecil. Mereka sangat miskin sehingga satu-satunya harta yang mereka miliki adalah seekor sapi bernama Milky-White. Suatu hari, ketika mereka tidak memiliki apa-apa untuk dimakan, sang janda menyuruh Jack membawa sapi ke pasar dan menjualnya agar mereka bisa membeli makanan.

Dalam perjalanan ke pasar, Jack bertemu dengan seorang pria tua misterius yang menawarkan untuk menukar kacang ajaib dengan Milky-White. Tertarik dengan ide kacang ajaib, Jack setuju untuk menukarnya dan pulang dengan kacang itu. Ibunya marah dan membuang kacang itu keluar jendela sebelum menyuruh Jack tidur tanpa makan malam.

Keesokan paginya, Jack terbangun dan menemukan sebuah pohon kacang raksasa yang tumbuh semalam dari kacang-kacang itu. Dia memutuskan untuk memanjat pohon kacang dan menemukan dirinya di negeri di atas awan. Di sana, dia menemukan sebuah istana yang dihuni oleh seorang raksasa yang menakutkan dan istrinya. Raksasa itu memiliki seekor angsa yang mengeluarkan telur emas dan kecapi ajaib yang memainkan musik yang indah.

Jack mencuri angsa dan kecapi itu, tetapi ketika dia hendak pergi, kecapi itu berteriak, memperingatkan raksasa. Raksasa itu mengejar Jack turun dari pohon kacang, tetapi Jack berhasil turun dengan cepat dan memotong pohon kacang itu. Raksasa itu jatuh ke dalam kematian, dan Jack dan ibunya bisa hidup dengan nyaman dengan kekayaan yang diberikan oleh telur emas.

Baca Juga: 5 Contoh Cerita Liburan di Rumah 5 Paragraf untuk Anak SD dan SMP

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm