Materi Bahasa Inggris Kelas 3 SD Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dan Rinciannya

11 Januari 2024 12:47 WIB
Kumpulan materi bahasa Inggris kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan penjelasannya.
Kumpulan materi bahasa Inggris kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan penjelasannya. ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan materi bahasa Inggris kelas 3 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Materi-materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.

Para siswa akan mempelajari berbagai hal seperti belajar menggunakan like dan dislike, nama-nama makanan serta minuman, mengenal angka 21-50, belajar nama-nama hari dan hobi, dan belajar menyebutkan nama-nama benda di kelas dalam bahasa Inggris.

Berikut ini materi bahasa Inggris kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang dikutip dari buku My Next Words for Elementary School.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Rinciannya 

Materi Bahasa Inggris Kelas 3 SD Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dan Rinciannya

Semester 1

Unit 1: I like Mi Aceh

Objectives:

  • Siswa mampu menyebutkan makanan dan minuman.
  • Siswa mampu membicarakan makanan dan minuman dengan menggunakan like dan dislike.

Language Focus:

  • Fried chicken, noodle, rice, meatball, etc.
  • I like …. You like ….
  • I don’t like ….
  • Do you like …?
  • Yes, I like it.
  • No, I don’t like it.

Unit 2: I don’t like rice

Objectives:

  • Siswa mampu menyebutkan makanan dan minuman dengan menggunakan like dan dislike.
  • Siswa mampu menanggapi teks tertulis dengan menggunakan like dan dislike.

Language Focus:

  • Made likes ….
  • He likes ….
  • He doesn’t like ….
  • Cici likes …. She likes .…
  • She doesn’t like ….

Unit 3: I have fried chicken for breakfast

Objectives:

  • Siswa mampu menyebutkan sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Siswa mampu menyebutkan makanan dan minuman pada setiap waktu makan.
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan guru secara lisan dan tertulis mengenai makanannya.

Language Focus:

  • Joshua has breakfast.
  • They have lunch.
  • Joshua and his family have dinner.
  • Cici’s family have … for breakfast.

Unit 4: Do you like swimming?

Objectives:

  • Siswa dapat mengatakan apa yang mereka sukai (membaca, belajar, berenang, menonton, bernyanyi, bermain, bersepeda).
  • Siswa dapat bercerita tentang hobinya dan hobi temannya.
  • Siswa mampu menjawab dengan pertanyaan yes/no.

Language Focus:

  • Swimming, reading, ….
  • Cici likes singing.
  • Do you like swimming?
  • Does Made like …?

Unit 5: I like riding a bike on Sunday

Objectives:

  • Siswa dapat menyebutkan nama hari.
  • Siswa dapat berbicara tentang apa yang mereka sukai pada hari tertentu.

Language Focus:

  • Monday, Tuesday, ….
  • I like … on ….
  • What do you like doing on …?

Semester 2

Unit 6: Is it the canteen?

Objectives:

  • Siswa mampu menyebutkan nama ruangan di sekolah.
  • Siswa mampu mengidentifikasi ruangan-ruangan di sekolah.
  • Siswa mampu menggunakan it is dan that is.

Language Focus:

  • Is it the canteen?
  • Canteen, classroom, library, prayer room, restroom, schoolyard, computer laboratory, office.

Unit 7: My class is behind the office

Objectives:

  • Siswa mampu mengidentifikasi kata depan atau preposition.
  • Siswa dapat menyebutkan letak ruangan-ruangan di sekolah.
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang letak ruangan di sekolah.

Language Focus:

  • Where is the library?
  • In, on , under, beside, between, behind, in front of.

Unit 8: I drink orange juice in the canteen

Objectives:

  • Siswa mampu mengidentifikasi kegiatan di sekolah.
  • Siswa dapat membuat daftar kegiatan di sekolah.
  • Siswa mampu menceritakan kegiatan di sekolah.

Language Focus:

  • Simple present.
  • Study, teach, drink, eat, pray, play, read, and write.

Unit 9: My classroom is clean

Objectives:

  • Siswa mampu mengidentifikasi kondisi ruangan di sekolah.
  • Siswa mampu menggambarkan kondisi ruangan.

Language Focus:

  • Adjective.
  • Large, clean, narrow, small, big, dirty, wide.

Unit 10: There are twenty books on the shelf

Objectives:

  • Siswa mampu menyebutkan nomor 21-50.
  • Siswa dapat menghitung benda di kelas.
  • Siswa mampu membuat daftar benda yang ada di kelas menggunakan there is dan there are.

Language Focus:

  • Numbers 21–50.
  • Twenty one, Twenty two.
  • There are … books on the self.

Itulah paparan informasi mengenai materi bahasa Inggris kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Untuk materi sekolah lainnya kamu bisa klik tautan di bawah ini.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dan Rinciannya

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm