Puan: DPR Siap Perjuangkan Bantuan Subsidi untuk UMKM Tahu Tempe

12 Januari 2024 18:53 WIB
Puan: DPR Siap Perjuangkan Bantuan Subsidi untuk UMKM Tahu Tempe
Puan: DPR Siap Perjuangkan Bantuan Subsidi untuk UMKM Tahu Tempe ( Media Ketua DPR)
Sonora.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani terus menyoroti berbagai persoalan yang dihadapi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk UMKM tahu dan tempe.
 
Ia pun menegaskan DPR akan memperjuangkan bantuan bagi UMKM tahu tempe, terutama terkait dengan bahan baku produksi.
 
Hal tersebut disampaikan Puan saat meninjau sentra produksi tahu dan tempe di Kampung Kalitaman, Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).
 
Di desa tersebut terdapat banyak pabrik rumahan tahu dan tempe yang produksinya sudah cukup besar.
 
Sejumlah pelaku UMKM tahu dan tempe di Kampung Kalitaman dalam berdialog dengan Puan menyampaikan permasalahan utama yang dihadapi mereka, masih sama seperti sebelum-belumnya, yakni mengenai bahan baku kedelai yang harganya cukup tinggi dan sering sulit didapatkan.
 
“Masalah sangat kompleks, harus berkoordinasi dengan kementerian terkait karena ini masalah ada di Pemerintah atau di eksekutif,” kata Puan.
 
Di Salatiga sendiri, pelaku UMKM mendapat bantuan subsidi untuk bahan baku kedelai. Puan mengatakan, subsidi seperti ini seharusnya juga bisa diberikan bagi pelaku UMKM tahu tempe lainnya di daerah lain sehingga DPR akan memperjuangkannya kepada Pemerintah.
 
“Di sini subsidi Rp 300 juta untuk 150 ton, tapi ini dilakukan hanya untuk sementara di Salatiga. Saya juga berharap ini bisa dilakukan di semua daerah di Indonesia yang banyak UMKM Tahu Tempe,” ujar Puan..
 
Puan berjanji, DPR akan memperjuangkan nasib pelaku UMKM tahu tempe jika belum ada solusi yang terbaik.
 
"InsyaAllah kita akan carikan solusi sementara, ada subsidi buat UMKM tahu dan tempe,” sambung Puan.
 
Ia pun menambahkan, ketergantungan Indonesia terhadap kedelai impor juga menjadi salah satu masalah yang selalu menghantui produsen tahu tempe.
 
Oleh karenanya, Puan mendorong Pemerintah untuk memberikan solusi komprehensif dan menggenjot produksi kedelai dalam negeri.
 
“Ini juga suatu masalah yang kompleks, dan ini yang harus carikan solusinya adalah eksekutif,” tegas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut.
 
Puan mengatakan, pemangku kebijakan harus mendukung kemajuan UMKM. Untuk itu, semua stakeholder terkait diminta bekerja sama memberikan jalan terbaik bagi berbagai permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM, dalam hal ini pelaku UMKM tahu dan tempe.
 
“Persoalan yang harus dicarikan solusinya. Tentu saja DPR RI nanti akan berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait karena harus segera dicarikan jalan keluarnya. Nggak bisa Pemerintah Daerah atau Pemerintah Pusat saja, harus bersama-sama,” tutup Puan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Pegadaian Sebut Fasilitas Dan Pendampingan Penting Agar UMKM Naik Kelas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm