Menko PMK Ajak Santri Pesantren Karangasem Paciran Lamongan Kuasai STEM

12 Januari 2024 20:26 WIB
Menko PMK Ajak Santri Pesantren Karangasem Paciran Lamongan Kuasai STEM
Menko PMK Ajak Santri Pesantren Karangasem Paciran Lamongan Kuasai STEM ( Biro Hukum, Persidangan, Organisasi dan Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Sonora.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, untuk menjadi santri yang hebat, maka harus mengimbangi antara ilmu dunia dan akhirat. 
 
"Untuk menjadi santri yang hebat harus punya bekal ilmu dunia yang mantap, bisa unggul, dan juga punya bekal untuk akhirat," ujar Menko Muhadjir saat bersilaturahmi dan Salat Jumat di Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat, (12/1/2024).
 
Muhadjir menegaskan, para santri pondok pesantren harus menguasai bidang ilmu STEM, yaitu: Sains, Teknologi, Enginering, dan Matematika. Modal itu menurutnya harus dikuasai den diimbangi juga dengan penguasaan teknologi digital.
 
Pemerintah juga tengah menggalakkan hilirisasi digital yang diharapkan bisa juga dilakukan di pondok pesantren.
 
"Sekarang modalnya harus itu. Harus kuat semuanya. Juga yang harus dimiliki santri adalah teknologi digital IT," ungkapnya.
 
Muhadjir menjelaskan, para santri pondok harus menjadi santri berkeunggulan dengan menguasai STEM serta ilmu akhirat supaya bisa bersaing dengan santri dan siswa sekolah lain, dan menjadi penerus pemimpin di Indonesia.
 
"Saya yakin santri di sini bisa menguasi ilmu STEM dan menguasai ilmu akhirat.  Ilmu akhiratnya juga harus bagus tidak boleh kalah dengan santri lain. Tetapi jangan lupa ilmu dunia juga harus dikuasai. Karena dengan itu kita akan memenuhi perintah Allah SWT," jelasnya.
 
Muhadjir meyakini para santri Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan bisa menjadi generasi unggul penerus masa depan Indonesia. Menurutnya, ponpes ini punya tradisi yang sangat bagus dan banyak lulusan yang berhasil. 
 
"Saya bangga dengan santri Ponpes Karangasem Paciran, luar biasa cerdas semua," ucapnya.
 
Muhadjir juga berinteraksi dengan para santri dan menguji kecerdasan santri. Dalam kesempatan itu hadir Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Pimpinan Ponpes Karangasem KH. Abdul Hakam Mubarok, para santri dan jajaran pengurus pondok pesantren Karangasem.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Menko PMK Serahkan Santunan bagi Korban Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm