Tidak Ingin Makan Nasi Untuk Sarapan, Ini Dia Penggantinya

13 Januari 2024 11:35 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. ( )

Sonora.ID - Salah satu waktu makan yang paling penting dalam sehari bagi kebutuhan manusia adalah sarapan.

Selain memuaskan rasa lapar, sarapan juga dapat mencegah makan berlebihan dan mengunyah sore dan malam hari.

Sarapan juga dapat meningkatkan energi dan perhatian, terutama bagi atlet yang menuntut banyak energi dalam satu hari makan.

Salah satu hal yang harus kamu lakukan jika sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi konsumsi nasi putih.

Karbohidrat tetap disarankan untuk dikonsumsi, namun dalam jumlah yang dikurangi, jika kamu sedang diet.

karena tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utamanya.

 

kamu dapat mengganti nasi putih dengan karbohidrat lain jika kamu memilih untuk tidak memakannya. Ada beberapa makanan tinggi karbohidrat yang cocok menggantikan nasi. Biji-bijian apa lagi yang bisa kamu makan untuk sarapan selain nasi?

1. Kaya Protein: Telur

Kandungan protein telur yang tinggi membantu memperpanjang rasa kenyang di perut kamu.

Batasi lauk pauk yang tidak sehat seperti daging olahan dan sosis. Agar nilai gizinya maksimal, pilihlah menu sarapan telur yang disajikan dengan roti gandum, buah utuh, atau tumis sayur.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah mmakanan umum lainnya yang digunakan para pelaku diet sebagai pengganti nasi.

Ada beberapa cara untuk menggunakan alternatif nasi ini. kamu bisa memasak, mengukus, atau merebus-nya. Terdapat 86 kkal dalam 100 gram ubi jalar. Selain itu, 1,6 gram protein juga disertakan.

3. Tepung Gandum

Pilihan sarapan tradisional yang tinggi nutrisi dan baik untuk energi adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan mengenyangkan dan berserat tinggi, juga tinggi protein (10 gram per cangkir) dan kaya akan sumber vitamin dan mineral. kamu bisa menambahkan telur, membuatnya dengan susu sebagai pengganti air, atau menambahkan bubuk protein untuk meningkatkan kadar proteinnya.

Baca Juga: Turun 30 Kg Karena Capek Di-bully, Bagaimana Cara Diet Kahiyang Ayu?

4. Brokoli

Brokoli juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi dengan cara dikukus atau direbus. Pasalnya, dalam 57 gram brokoli rebus hanya terdapat 15 kkal.

Sedangkan seratnya ada dua gram. Brokoli juga tinggi vitamin C selain itu. 57 gram brokoli memiliki cukup vitamin C untuk memenuhi 25% kebutuhan harian kamu.

5. Singkong

Singkong menjadi pilihan terakhir untuk sarapan pagi pengganti nasi. Di Indonesia, singkong merupakan alternatif pengganti nasi yang sangat populer.

Banyak makanan olahan, mulai dari makanan olahan modern seperti singkong keju hingga pilihan yang lebih tradisional seperti gethuk dan tiwul, dibuat dari singkong. Kandungan serat dan karbohidrat singkong yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu.

Penulis
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm