Madu: Si Manis yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

18 Januari 2024 13:10 WIB
Ilustrasi madu
Ilustrasi madu ( shutterstock/grafvision)

Sonora.ID - Sahabat Sonora, madu merupakan cairan sirup hasil dari nektar tanaman yang diperoleh oleh lebah madu. Madu dikenal memiliki rasa manis yang enak.

Tapi tahukah Sahabat Sonora jika madu tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat, lho!

Berikut merupakan manfaat madu untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ya Sahabat Sonora!

  1. Meningkatkan kesehatan

Madu memiliki senyawa polifenol yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan. Madu juga memiliki kandungan gula yang murni tanpa lemak sehingga madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas, Minum Air sampai Madu

  1. Mencegah penuaan dini, diabetes, hingga penyakit jantung

Madu yang minim pemrosesan mengandung banyak senyawa bioaktif dan antioksidan, seperti flavonoid dan asam phenolic. Antioksidan dapat berperan sebagai pencegahan penuaan dini, diabetes, hingga penyakit jantung karena senyawa ini dapat membantu menetralkan oksigen reaktif (ROS) dalam tubuh yang dapat menumpuk dalam sel dan menyebabkan kerusakan.

  1. Jenis gula pada madu lebih ramah untuk penderita diabetes

Antioksidan yang terdapat di dalam madu dapat memberikan perlindungan terhadap sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Sehingga jika dibandingkan gula biasa, madu memiliki sedikit lebih manfaat dalam meningkatkan regulasi aliran darah.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Madu dapat meminimalkan risiko penyakit jantung karena madu dapat membantu tekanan darah yang rendah, meningkatkan kadar lemak darah, melancarkan detak jantung, dan mencegah kematian dari sel tubuh yang sehat. Semua faktor tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi jantung dan kesehatan. Selain itu, di dalam madu juga mengandung senyawa khas yakni propolis yang membantu meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida

Baca Juga: Resep Sayap Ayam Madu Panggang, Menu Spesial Makan Malam di Rumah!

  1. Mempercepat penyembuhan luka pada tubuh

Adanya antibakteri dan antiinflamasi yang terdapat di madu, membuat madu sudah dikenal dari zaman mesir kuno sebagai obat mempercepat penyembuhan luka. Sebuah tinjauan terhadap 26 studi tentang madu dan perawatan luka mengatakan bahwa madu paling efektif dalam menyembuhkan luka bakar dengan ketebalan parsial dan luka yang telah terinfeksi setelah operasi. Madu juga merupakan pengobatan yang efektif untuk ulkus kaki terkait diabetes, yang merupakan komplikasi serius yang dapat menyebabkan amputasi.

Nah itu tadi manfaat madu untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi gak ada salahnya nih kalau Sahabat Sonora sedia madu di rumah untuk dikonsumsi sehari-hari.

Penulis: Alivia Nuriyani Syiva

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm