Ini Kata Pengamat Ekonomi Kalbar Dengan Akan Dibangunnya Jalan Tol Pontianak – Pelabuhan Kijing

22 Januari 2024 19:45 WIB
Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Muhammad Fahmi.
Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Muhammad Fahmi. ( Tribun Pontianak)

Pontianak, Sonora.ID – Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Muhammad Fahmi menilai Jalan Tol Pontianak – Pelabuhan Kijing yang akan segera dibangun nantinya akan memberikan dampak ekonomi yang besar sekali bagi Provinsi Kalimantan Barat dikarenakan juga merupakan pintu keluar daripada komoditas – komoditas atau jasa – jasa ke tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan adanya timbal balik tersebut maka jalan keluar itu akan memciptakan pergerakan ekonomi yang maju dan akan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian di Kalbar, “ ujar Fahmi saat dihubungi Sonora Pontianak, Senin (22/1/2024).

Jalan Tol Pontianak – Pelabuhan Kijing diharapkan akan menjadi satu central hub untuk pengembangan ekonomi di Kalbar terkhusus dengan daerah – daerah yang berhubungan langsung dengan Pelabuhan Kijing, yaitu Pontianak, Mempawah, dan sekitarnya.

Baca Juga: Pendapat Masyarakat Terkait Kabar Akan Dinaikkannya Pajak Kendaraan Berbahan Bakar Bensin

Fahmi melanjutkan tentu saja untuk mengakses Pelabuhan Kijing dibutuhkan infrastruktur lain seperti jalan dan saat ini jalan yang ada itu merupakan jalan yang biasa digunakan secara umum untuk aktivitas yang berkaitan dengan Pelabuhan Kijing. Hal tersebut tentu tidak efektif apabila terjadi crowded di jalan tersebut.

“Dengan dibangunnya jalan tol menuju ke Pelabuhan Kijing ini tentu menjadi akses yang menguntungkan secara efisien dan efektif. Tentu akan sangat memberikan keuntungan bagi pelaku usaha dan pengguna daripada jasa Pelabuhan Kijing, “imbuhnya.

Sementara dampaknya bagi pemerintahan dari sisi pendapatan negara dalam hal ini pajak dan retribusi juga akan ikut bertambah. Terlebih lagi Pembangunan jalan Tol Pontianak – Pelabuhan Kijing juga akan men-trigger pertumbuhan wilayah atau lokasi di sekitarnya. “Otomatis akan muncul subway – subway yang akan berhubungan langsung nantinya ke jalan tol. Kita berharap daerah – daerah yang dilaliui di jalan tol ini sedikit – demi sedikit akan menciptakan perkembangan ekonomi, “ ujarnya.

Baca Juga: Windy Prihastari Dikukuhkan Sebagai Ketua BKKKS

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm