Disnaker Kota Pontianak Dukung Penuh Program CSR Harris Pontianak, Bisa Tekan Tingkat Pengangguran Terbuka

29 Januari 2024 14:45 WIB
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pontianak Ismail, menghadiri kegiatan CSR Workshop Sukses Mencari Kerja, Sabtu (27/1/2024).
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pontianak Ismail, menghadiri kegiatan CSR Workshop Sukses Mencari Kerja, Sabtu (27/1/2024). ( William )

Pontianak, Sonora.ID - Dinas Tenaga Kerja Kota Pontianak sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Harris Pontianak yang menggelar CSR Workshop Sukses Mencari Kerja dengan tema "Cara Sukses Dapat Kerja Plus Insentif Saat Pelatihan" yang didukung Gerakan Indonesia Muda Berbisnis (GIMB).

Mengingat kota Pontianak merupakan kota perdagangan dan jasa serta tingkat urbanisasi yang tinggi, pusat pendidikan, maka perlu adanya mitra bagi Disnaker Kota Pontianak untuk menjembatani lulusan - lulusan SMK untuk masuk ke dunia kerja/industri.

"Merupakan amanah dari Peraturan Menteri No. 39 tahun 2019 tentang Penempatan Tenaga Kerja ada klausul di dalamnya yang melatarbelakangi yaitu MoU antara Departemen Pendidikan dan Departemen Kebudayaan tahun 1993 tujuannya bagaimana menjembatani lulusan SMK untuk masuk dunia industri, " ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pontianak, Ismail, saat Press Conference di Harris Pontianak, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga: KPU Kota Pontianak Masih Lakukan Proses Sortir Surat Suara

Lanjutnya, maka dari itu ada kewenangan Kementerian Tenaga Kerja untuk menyerahkan hal tersebut kepada satuan pendidikan, SMK atau Perguruan Tinggi, maupun Lembaga Pelatihan Kerja dalam bentuk kegiatan bursa kerja khusus.

"Kami sedang berupaya menekan terus tingkat pengangguran terbuka di Pontianak melalui pendidikan - pendidikan vokasi, kami bersyukur ada Hotel Harris, kami memang sedang mencari hotel - hotel agar penurunan tingkat pengangguran terbuka ini punya peran menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem, " harapnya.

Dia mengatakan telah berbincang - bincang juga dengan GM Harris Pontianak Ika Florentina bahw akan memilih masing - masing keluarahan keluarga yang masuk kategori keluarga miskin ekstrem.

Apabila keluarga tersebut memiliki anak minimal tamatan SMA kemudian dilatih dengan pola pelatihan di LPK - LPK di bawah Disnaker untuk dilatih, selain itu bisa juga bisa bekerjasama dengan SMK - SMK yang ada Prodi perhotelannya.

"Output dari hasil - hasil pelatihan seperti Harris ini langsung disalurkan ke program magang, nanti bisa bertahap kalau kinerja bagus bisa dijadikan PKWT, " ungkapnya.

Dia menyampaikan dengan pola CSR ini peserta bisa mengangkat kemiskinan karena bekerja dan mendapatkan penghasilan keluarga.

"Mohon dukungan yang dilakukan teman - teman Harris dapat menggugah perusahan yang lain mau menyalurkan CSR nya dengan program - program seperti ini serta berkolaborasi dengan Disnaker, " ujarnya.

Baca Juga: Harris Hotel Pontianak Bersama SMK dan GIMB PRAKERJA Gelar CSR Workshop Sukses Mencari Kerja

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm