Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93-94 Kurikulum Merdeka: Surat Penawaran Perusahaan

29 Januari 2024 16:45 WIB
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum Merdeka halaman 93 dan 94 mengenai teks negosiasi berupa surat penawaran perusahaan.
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum Merdeka halaman 93 dan 94 mengenai teks negosiasi berupa surat penawaran perusahaan. ( PIxabay)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum Merdeka halaman 93 dan 94 mengenai teks negosiasi berupa surat penawaran perusahaan.

Kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi bahan belajar untuk para siswa di rumah sehingga para siswa dapat memahami lebih dalam mengenai materi yang bersangkutan.

Para siswa pun dapat mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu lalu mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban berikut ini.

Baca Juga: 25 Contoh Kalimat Langsung dalam Teks Negosiasi: Pendek dan Tepat

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93 dan 94 Kurikulum Merdeka

Soal:

  1. Menurut kalian, apa saja perbedaan kedua teks di atas berdasarkan bentuk dan jenisnya!
  2. Menurut kalian, apakah perbedaan kedua teks di atas berdasarkan tujuan penulisannya?
  3. Pada teks satu dan dua terdapat frase harga kompetitif dan harga bersaing. Jelaskan apa maksud dari kedua frase tersebut!
  4. Apa saja perbedaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan teks dua? Jelaskan!
  5. Apa saja persamaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan dua? Jelaskan!
  6. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah teks tersebut telah cukup sesuai dan lengkap? Apabila belum lengkap, tuliskan saran perbaikannya!
  7. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah kalimat-kalimat dalam teks tersebut telah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami? Apabila belum, tuliskan saran perbaikannya!
  8. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah bahasa surat tersebut sudah cukup baik dan santun? Apabila belum baik dan santun, tuliskan saran perbaikannya!
  9. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah isi dan alasan dalam surat tersebut sudah tepat dan menarik? Apabila belum tepat dan menarik, tuliskan saran perbaikannya!
  10. Setujukah kalian jika surat penawaran tersebut termasuk teks negosiasi? Jelaskan alasannya!

Jawaban:

  1. Teks satu berjenis teks deskripsi berbentuk penggambaran sebuah perusahaan. Teks kedua merupakan jenis teks negosiasi berbentuk surat penawaran.
  2. Teks satu bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai suatu perusahaan tertentu. Teks kedua bertujuan menawarkan kerjasama pengadaan alat-alat kelengkapan kantor.
  3. Kedua frase tersebut mengandung maksud bahwa harga ditawarkan dijamin lebih murah dibandingkan dengan penawaran perusahaan lain.
  4. Teks satu mengandung informasi yang lengkap dan rinci mengenai perusahaan. Teks dua tidak menjelaskan dengan lengkap dan rinci perihal perusahaan dan hanya berisi informasi penawaran kerjasama pengadaan alat-alat kelengkapan kantor.
  5. Kedua teks berisi informasi tentang perusahaan yang sama dan bergerak dalam bidang pengadaan kelengkapan alat-alat kantor.
  6. Sudah cukup sesuai dan lengkap. Alasannya karena sudah berisi berbagai informasi yang menggambarkan profil perusahaan tersebut.
  7. Sudah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami. Alasannya karena tidak ada kata atau kalimat yang rancu, multitafsir, atau tidak efektif.
  8. Bahasa yang digunakan sudah cukup santun dan baik. Alasannya karena tidak ditemukan adanya kata-kata bermuatan negatif atau tidak sopan yang sekira dapat menyinggung perasaan, melecehkan, dan menghina penerima surat.
  9. Sudah cukup tepat dan menarik. Alasannya karena telah mencakup informasi penting yang diperlukan.
  10. Setuju. Alasannya karena di dalamnya terkandung unsur penawaran dan alasan-alasan yang penguat sebagai upaya negosiasi.

Nah, itulah paparan mengenai kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum Merdeka halaman 93 dan 94 yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Untuk artikel mengenai materi sekolah lainnya silakan klik tautan di bawah ini.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Rinciannya

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm