Kodam II/Swj Gelar 13.159 Pasukan di Sumbagsel, Antisipasi Pemilu

1 Februari 2024 20:55 WIB
( )

Palembang, Sonora.ID - Dalam rangka mengantisipasi dinamika  pada pelaksanaan  Pemilu 2024, Kodam II/Sriwijaya menggelar 13.159 pasukan di seluruh Wilayah Sumbagsel.

Kapendam II/Swj, Kolonel Arh Saptarendra P, ST.MM dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Kamis (01/02/2024) mengungkapkan bahwa apel gelar kesiapan pasukan dipimpin oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil, serta dihadiri para Danrem, Dandim serta Dansat setingkat Batalyon dan Detasemen dan Kompi Berdiri Sendiri.

"Hari ini, Kamis (01/02/2024) dilaksnakan apel kesiapan pasukan pengamanan Pemilu 2024, yang juga diikuti pasukan dari jajaran TNI AL, TNI AU serta Pemadam Kebakaran Palembang,"ujar Kol Arh Sapta.

Pelaksanaan kegiatan ini, lanjutnya, di lapangan Apel Makodam II/Swj dan dihadiri Kasdam dan para Pejabat Utama Kodam II/Swj serta Danlanal  Palembang dan Danlanud Sri Mulyono Herlambang Palembang.

Baca Juga: Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Sertijab 6 Pejabat Utama (PJU) Kodam II/Swj

"Saat amanat, Pangdam tegaskan, Kodam II/Swj siap mengamankan Sumbagsel agar pelaksanaan Pemilu 2024  berjalan dengan lancar, aman dan damai", ujar Sapta.

Apel kesiapan ini, lanjutnya, merupakan rangkaian kegiatan Apel kesiapan yang dipimpin Panglima TNI  (Jenderal TNI Agus Subiyanto) secara virtual dari Lapangan Monas, Jakarta.

Lanjut dikatakannya, sebelum apel kesiapan yang dipimpin Panglima TNI, terlebih dahulu dilakukan apel kesiapan pasukan oleh Pangdam II/Swj.

"Sebelum di ambil oleh Panglima TNI secara virtual, Kodam II/Swj melaksanakan apel kesiapan terlebih dahulu sehingga perkembangannya dapat dilaporkan kepada Panglima TNI," tegasnya.

Saat mengambil apel kesiapan pasukan, kata Sapta lebih lanjut, kepada seluruh jajaran Pangdam menegaskan agar mempedomani visi TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif).

"Dan secara umum, pada pelaksanaan pengamanan harus fokus kepada tugas pokok, responsif dalam antisipasi potensi masalah yang lebih besar, integratif dengan stake holder lain karena pada pengamanan ini sifatnya tugas bantuan," ucap Sapta.

Baca Juga: Sosialisasi Waspada Praktik Investasi Ilegal, Pinjaman Online Ilegal dan Kejahatan Keuangan Digital di Lingkungan Kodam II/Swj

Termasuk mahir dalam menggunakan sarana dan alat yang modern dan juga mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis," tambah dia.

Terkait pasukan yang digelar, menurut mantan Kasubdispenmedonline Dispenad ini sejumlah 13.159 pasukan.

"Tergelar di wilayah Provinsi Sumsel, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung sesuai dengan wilayah 5 Korem jajaran Kodam II/Swj," tandasnya.

Lebih lanjut disampaikan  Kapendam, selain fokus pada tugas pokok Pangdam juga menitik beratkan agar dalam pelaksanaan pengamanan harus mengedepankan tindakan yang persuasif dan humanis.

"Yang dihadapi nanti bukan musuh, tapi saudara-saudara kita yang sedang menyampaikan aspirasinya untuk kepentingan bangsa, sehingga Kodam II/Swj harus bisa memberikan ruang yang damai, aman dan sejuk saat pelaksanaan pesta demokrasi ini," pungkasnya.

Baca Juga: Kodam XIV Hasanuddin Siapkan 23 Titik Lahan untuk Budidaya Pisang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm