TPA Tamangapa 'Bersolek' untuk Raih Piala Adipura

6 Februari 2024 18:05 WIB
TPA Antang
TPA Antang ( Dok Pemkot Makassar)

Makassar, Sonora.ID - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pembenahan terhadap pengelolaan TPA Tamangapa untuk menyambut Tim Verifikasi Adipura.

Selama dua hari, yakni pada 5 dan 6 Februari 2024, Tim Verifikasi Adipura melakukan penilaian di 15 titik yang berfokus pada kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalanrea, dan Biringkanaya.

Titik-titik penilaian tersebut meliputi bank sampah, TPA Tamangapa, Sekolah Menengah Pertama, rumah sakit, terminal, pemukiman warga, kantor camat, pasar tradisional, sungai, taman dan hutan kota, bank sampah unit, serta TPS3R.

Upaya DLH Makassar membenahi TPA Tamangapa pun membuahkan hasil. Tim verifikasi Adipura memberikan apresiasi terhadap perubahan signifikan TPA Tamangapa yang pengelolaannya dinilai cepat dan terorganisir dengan baik.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar, mengungkapkan tim penilai mengakui adanya perubahan signifikan di Kota Makassar pada tahun ini. Terutama dalam hal peningkatan kualitas TPA.

Baca Juga: Damkar Makassar Semprotkan Echo Enzim di TPA Antang, Kurangi Polusi dari Sampah

"Salah satu penilaian positif dari tim verifikasi yakni di TPA Tamangapa yang dinilai penanganannya jauh lebih baik dibanding penilaian Adipura tahun sebelumnya. Mereka sangat mengapresiasi pengelolaan TPA Tamangapa karena jauh lebih baik saat ini," ucapnya.

Selain itu, kata Ferdy, indikator penilaian hampir 100% telah dipenuhi oleh Kota Makassar. Itu menandakan komitmen dan upaya yang kuat dari pemerintah dan masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

"Pencapaian ini merupakan angin segar bagi Kota Makassar, semoga Kota Makassar dapat kembali meraih penghargaan Adipura sebagai pengakuan atas upaya-upaya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan," tuturnya.

Selama penilaian berlangsung, pihak DLH Kota Makassar memberikan informasi yang diperlukan kepada tim verifikasi Adipura, termasuk data mengenai program-program pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan.

Para anggota tim verifikasi Adipura secara teliti melakukan penilaian terhadap setiap aspek yang menjadi indikator penilaian Adipura, mulai dari kebersihan, pengolahan sampah, hingga peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup sekitar.

Ferdy juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah turut serta dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Makassar. Baik itu dari instansi pemerintahan, swasta, dan masyarakat Kota Makassar.

"Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan Kota Makassar dapat terus maju dan menjadi contoh dalam upaya pelestarian lingkungan hidup bagi kota-kota lain di Indonesia," ucapnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm