Kualitas Data Statistik yang Digunakan Salah Satu Kunci Keberhasilan Perencanaan Dan Pembangunan

7 Februari 2024 10:24 WIB
 rapat koordinasi (rakor) dan penandatangan komitmen bersama mengenai pengelolaan data statistik di wilayah Kabupaten PPU tahun 2024.
rapat koordinasi (rakor) dan penandatangan komitmen bersama mengenai pengelolaan data statistik di wilayah Kabupaten PPU tahun 2024. ( Istimewa)

Penajam, Sonora.ID - Sekda PPU Tohar mengatakan Pemerintah Kabupaten PPU saat ini terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas data sebagai bahan perencanaan dan pembangunan daerah.

Tentunya ini penting mengingat indikator keberhasilan perencanaan dan pembangunan juga ditentukan oleh kualitas data yang digunakan.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membuka secara resmi rapat koordinasi (rakor) dan penandatangan komitmen bersama mengenai pengelolaan data statistik di wilayah Kabupaten PPU tahun 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU berlangsung di aula lantai III kantor bupati PPU, Selasa (06/02/2024).

"Dengan media (rakor) inilah kita akan membangun kesepahaman. Tentunya dalam menuju satu data Indonesia berkualitas, data yang notabenenya dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk kepentingan kita,"terangnya.

Baca Juga: Tohar Hadiri Forum Silaturahmi dan Komunikasi Pemegang Saham Bersama PT. BPD Kaltimtara

Ia juga menjelaskan hal ini dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan tata kelola data yang berkualitas.

Dengan komitmen keterlibatan aktif oleh semua pihak baik perangkat daerah, Instansi Vertikal, lembaga maupun instansi lainnya dalam penyediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung-jawabkan.

"Ini bisa dikontribusi oleh tatanan kita menetapkan 36 unit kerja perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Pasir Utara. Tinggal masing-masing perangkat daerah saja menentukan mana data yang memiliki kualifikasi untuk keperluan kita ke depan,"ujar Tohar.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo PPU Herlambang menyampaikan bahwa penyelenggaraan Satu Data Kabupaten PPU saat ini mengalami perkembangan yang baik setiap tahunnya.

Tentunya dengan mewujudkan data statistik yang berkualitas terutama di upayakan sehingga data dapat menjadi alat bantu pemerintah daerah dalam pengambilan keputusan yang tepat sasaran.

"Pada Tahun 2023 kami (Diskominfo PPU) telah membentuk Portal Satu Data Kabupaten Penajam Paser Utara dalam mendukung upaya penyelenggaraan statistik sektoral yang berkualitas. Berdasarkan hasil monitoring penyelenggaraan statistik sektoral Kabupaten Penajam Paser Utara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Alhamdulilah Kabupaten Penajam Paser meraih predikat “Terbaik 3” se-Provinsi Kalimantan Timur,"jelasnya.

" Insya Allah dengan dukungan dan peran aktif kepala perangkat daerah, instansi, lembaga vertikal, ditahun-tahun akan datang kita bisa meraih predikat yang terbaik dalam pengelolaan data statistik sektoral serta mendapatkan manfaat secara langsung dalam pemanfaatan data-data yang berkualitas," sambungnya lagi

Dia juga mengharapkan melalui rakor ini dapat dukungan dan peran aktif seluruh kepala perangkat daerah, instansi bahkan lembaga vertikal untuk terus berbenah menjadi produsen data dan walidata pendukung dalam pengelolaan data statistic sektoral yang berkualitas.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm