50 Contoh Soal USBN (USP) Bahasa Indonesia Kelas 12 2024 dan Kunci Jawabannya

9 Februari 2024 20:15 WIB
Kumpulan contoh soal USBN atau USP Bahasa Indonesia kelas 12 tahun 2024 dan kunci jawabannya.
Kumpulan contoh soal USBN atau USP Bahasa Indonesia kelas 12 tahun 2024 dan kunci jawabannya. ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan kumpulan contoh soal USBN atau USP Bahasa Indonesia kelas 12 tahun 2024 dan kunci jawabannya sebagai bahan untuk belajar.

Kumpulan contoh soal USBN Bahasa Indonesia kelas 12 ini diharapkan bisa menjadi bahan belajar untuk para siswa di rumah sehingga para siswa dapat memahami lebih siap untuk menghadapi ujian.

Para siswa pun dapat mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu lalu mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Bukunya

Contoh Soal USBN (USP) Bahasa Indonesia Kelas 12 2024 dan Kunci Jawabannya

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 5!

Sejak masa lalu, manusia telah meng- hadapi bencana alam yang berulang-ulang melenyapkan populasi mereka. Pada zaman itu, manusia sangat rentan akan dampak bencana alam dikarenakan keyakinan bahwa bencana alam adalah hukuman dan simbol kemarahan dewa-dewa. Semua peradaban kuno menghubungkan lingkungan tempat tinggal mereka dengan dewa atau tuhan yang dianggap manusia yang dapat memberikan kemakmuran atau kehancuran.

Dalam bahasa Inggris, kata bencana disebut disaster yang berasal dari kata bahasa Latin dis yang bermakna 'buruk' atau 'kemalangan' dan aster yang bermakna 'dari bintang-bintang'. Kedua kata tersebut jika dikombinasikan akan menghasilkan arti 'kemalangan yang terjadi di bawah bintang', yang berasal dari keyakinan bahwa bintang dapat memprediksi suatu kejadian termasuk peristiwa yang buruk.

Bencana alam merupakan peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa. bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar, dan wabah penyakit. Beberapa bencana alam terjadi tidak secara alami. Contohnya adalah kelaparan, yaitu kekurangan bahan. pangan dalam jumlah besar yang disebabkan oleh kombinasi faktor manusia dan alam. Dua jenis bencana alam yang diakibatkan dari luar angkasa jarang mempengaruhi manusia, seperti asteroid, dan badai matahari.

Soal 1

Paragraf pertama mengungkapkan ide utama tentang....

Jawaban: rentannya manusia zaman dahulu terhadap bencana

Soal 2

Kata rentan pada paragraf pertama teks di atas mengandung arti....

Jawaban: mudah terkena

Soal 3

Informasi berikut tidak terdapat pada teks di atas, yakni.....

  • Orang zaman dahulu biasa menghadapi bencana alam
  • Bencana alam dianggap sebagai perbuatan dewa kemakmuran
  • Bencana alam berdampak besar bagi populasi
  • Bencana alam dapat terjadi secara alami atau tidak
  • Bencana alam yang berupa asteroid dan badai matahari jarang memengaruhi manusia

Jawaban: Bencana alam dianggap sebagai perbuatan dewa kemakmuran

Soal 4

Kata yang tidak baku pada teks di atas adalah

Jawaban: mempengaruhi, dikarenakan

Soal 5

Kata itu pada kalimat kedua paragraf pertama teks di atas mengacu pada

Jawaban: masa lalu

Soal 6

Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Apabila kebutuhan-kebutuhan ekonomi masyarakat terbangun maka praktis. Produktivitas desa akan kukuh dan ini adalah fondasi penting bagi perekonomian sebuah negara. (2) Negara tak lagi terbebani oleh kecilnya indeks pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang merupakan salah satu indikator dalam menilai kemajuan. ekonomi nasional secara makro. (3) Jika desa-desa bisa membangun pertanian dengan baik maka negara secara perlahan akan mengurangi kebiasaan impor bahan pangan.

Kesalahan penggunaan konjungsi pada teks di atas terdapat pada

Jawaban: kalimat (1) dan (3)

Soal 7

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Pemahaman tentang desa mengarah pada dua kondisi, yakni desa sebagai tempat yang menyedihkan dan yang dirindukan. Desa membuat pilu karena banyak. masyarakat miskin, paceklik, kesulitan air, keterbelakangan pengetahuan, dan minimnya sarana pemenuhan kebutuhan dasar lainnya. Desa terkadang dirindukan ketika muncul bayangan tempat yang indah, tenteram, sejahtera, dan jauh dari kebisingan ataupun polusi udara seperti di kota-kota besar yang kumuh.

Simpulan isi teks tersebut adalah .....

Jawaban: Desa dipahami sebagai tempat yang dirindukan dan sebagai tempat yang menyedihkan.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 s.d. 10!

Bagi kalangan pengusaha, keseragaman formulasi acuan kenaikan upah buruh akan menjamin kepastian berusaha. Baik pengusaha ataupun pemilik modal akan prediktif dalam menghitung biaya operasional. Kalkulasi bisnis menjadi lebih terencana sehingga dapat menghindarkan secara dini kerugian. perusahaan maupun upaya pemutusan hubungan kerja. Apalagi, kenaikan tersebut mengacu pada laju pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi, yakni dua indikator yang berkaitan erat dengan daya beli pekerja dan produktivitasnya.

Adapun bagi pekerja, adanya formulasi yang jelas dalam menentukan upah menjadikan pendapatan yang akan mereka terima. lebih transparan. Pekerja bisa lebih mudah memperhitungkan berapa pendapatan yang mesti dibelanjakan, berapa yang disimpan sebagai tabungan, dan berapa yang harus diinvestasikan.

Kejelasan upah buruh juga akan menghindarkan perselisihan antara buruh dan perusahaan. Tak perlu lagi buruh mendemo pemilik modal karena upahnya tak dibayar sesuai dengan aturan. Kini rumusan upah itu ditetapkan, pelanggarnya pun bisa diseret ke meja hijau. Jika ini terjadi, tentu iklim berbisnis di Tanah Air akan kondusif. Buruh senang karena menerima haknya secara sempurna, pengusaha juga tenang karena bisa berbisnis dengan lancar. Tentu ini merupakan solusi yang patut dipatuhi bersama.

Sementara itu, sejumlah asosiasi buruh mengeluarkan formulasi itu karena mereka tak dilibatkan dalam pembahasannya. Asosiasi buruh menyebut ketidakterlibatan mereka sebagai pelanggaran konstitusi, alih-alih bicara isi formulasi yang dinilai cacat karena berangkat dari upah dasar yang lebih rendah dibanding negara tetangga. Sebaliknya, pemerintah berdalih bahwa buruh tak dilibatkan karena mepetnya waktu. Padahal, secara sederhana, jika tak ditutup kesempatan sumbang sarannya, tentu sejumlah asosiasi buruh akan lebih merasa memiliki aturan tersebut karena unsur keterwakilannya sudah terpenuhi.

Kita berharap empat paket yang sudah dirilis pemerintah tak sekedar aturan di atas kertas, tetapi juga menjadi acuan bersama dalam menggerakkan perekonomian nasional. Lebih dari segalanya, pengawasan dan eksekusi semua paket itu menjadi nyata dan merupakan pekerjaan semua pihak.

(Republika, 16 Oktober 2015)

Soal 8

Pihak yang dituju pada teks di atas antara lain adalah....

Jawaban: pengusaha dan para buruh

Soal 9

Yang tidak termasuk kalimat argumentasi (alasan) pada teks tersebut adalah......

  • Baik pengusaha maupun pemilik modal akan prediktif dalam menghitung biaya operasional
  • Apalagi, kenaikan tersebut mengacu pada laju pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi
  • Pekerja bisa lebih mudah memperhitung- kan berupa pendapatan yang mesti dibelanjakan, ditabungkan, dan diinvestasikan.
  • Kejelasan upah buruh juga akan menghindarkan perselisihan antara buruh dan perusahaan 
  • Kini rumusan upah itu ditetapkan, pelanggarnya pun bisa diseret ke meja hijau.

Jawaban: Apalagi, kenaikan tersebut mengacu pada laju pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi

Soal 10

Pada teks tersebut, terdapat penggunaan konjungsi secara tidak tepat, yaitu kata.....

Jawaban: ataupun dan manapun

Bacalah petikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!

Teks I

Kekerasan pada anak tidak hanya terbatas pada tindakan fisik, tetapi juga kekerasan verbal. Bedanya, apabila tanda-tanda kekerasan fisik bisa dilihat dengan mudah, kekerasan verbal ini menyentuh bagian dari diri manusia yang tidak berbentuk, tetapi bisa dirasakan.

Tindak kekerasan ini pun tergolong berada di urutan atas dalam rumah tangga setelah kekerasan fisik. Seperti sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa lidah bagaikan pisau bermata dua.

Kalimat yang meluncur dari mulut. seseorang bisa memberi energi positif ataupun negatif. Contoh yang paling gampang, panggilan seperti, "si hitam", "si ndut", atau "anak malas", disadari atau tidak, dapat menimbulkan efek negatif pada anak. Proses labelling tersebut bisa berdasarkan karakter fisik, pribadi, ataupun kebiasaannya. Padahal, maksud orang tua memberi sebutan tersebut kadang hanya sebagai "panggilan sayang" atau memicu anak menjadi lebih rajin.

Teks II

Zulfani dan Ferdian menunjukkan penampilan yang luar biasa sebagai orang baru dalam dunia akting tanpa pengalaman. Kepolosan mereka terasa sangat natural, berbeda dengan bintang-bintang cilik lain yang sering mondar-mandir di layar TV kita. Anda pasti tanpa sadar tersenyum saat menyaksikan kisah cinta Ikal dengan seorang gadis Tionghoa yang ditemuinya di pasar. Itu menunjukkan betapa naturalnya penampilan dia.

Sementara itu, aktor veteran, Ikranagara, memberikan penampilan memukau sebagai Pak Harfan. Dia sukses membawakan karakter guru senior yang bersemangat, baik hati, dan sanggup mengambil hati anak-anak asuhnya.

Soal 11

Persamaan dari kedua teks di atas adalah .....

Jawaban: sama-sama berisi argumen/pendapat penulisnya

Soal 12

Pernyataan yang tepat untuk kedua teks di atas adalah

  • teks I disebut teks eksposisi; teks II disebut teks ulasan
  • teks I disebut teks berita; teks II disebut teks eksposisi
  • teks I disebut teks ulasan, teks II disebut teks argumen
  • teks I disebut teks eksposisi; teks II disebut teks argumen
  • teks I disebut teks argumen; teks II disebut teks berita

Jawaban: teks I disebut teks eksposisi; teks II disebut teks ulasan

Soal 13

Bacalah kalimat berikut!

Sadarta mengatakan, pihak developer belum membuat analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) untuk mengantisipasi dampak yang mungkin ditimbulkan oleh pembangunan di kawasan resapan air Danau Toba tersebut.

Perbaikan yang tepat untuk kalimat di atas adalah....

Jawaban: Sadarta mengatakan bahwa pihak developer belum membuat analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) untuk mengantisipasi dampak yang mungkin ditimbulkan oleh pembangunan di kawasan resapan air Danau Toba tersebut.

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 14 dan 15!

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm