Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan Tak Punya Asuransi Kesehatan, Begini Tips Memilihnya

21 Februari 2024 17:00 WIB
Ilustrasi asuransi kesehatan.
Ilustrasi asuransi kesehatan. ( )

Sonora.ID - Tak dapat dipungkiri jika biaya pengobatan di rumah sakit setiap tahunnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bagi kaum ekonomi menengah, hal ini tentu saja bisa menjadi momok tersendiri. Pasalnya, besarnya tagihan rumah sakit bisa seketika menguras habis tabungan yang telah bertahun-tahun disisihkan dengan susah payah. 

Walaupun sudah ada perlindungan BPJS Kesehatan, tapi manajemen risiko untuk masalah kesehatan dari layanan tersebut bisa dibilang kurang maksimal melindungi. Mengetahui hal ini, salah satu solusi yang dapat Anda pilih adalah mengajukan asuransi kesehatan.

Meski gaji pas-pasan, asuransi kesehatan sebenarnya masih bisa dijangkau oleh mayoritas kalangan masyarakat asal mengetahui strateginya.

Nah, jika Anda ingin tahu bagaimana 5 tips memilih produk asuransi kesehatan yang tepat tanpa takut gaji tak mencukupi, simak penjelasan berikut ini. 

1. Siapkan Dulu Dana Darurat yang Ideal

Walaupun harus menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk disiapkan, tapi memiliki asuransi kesehatan bukanlah hal yang harus diprioritaskan pertama kali. Sebelum mengajukan asuransi kesehatan, Anda perlu memastikan jika kondisi keuangan telah terlindungi dana darurat. 

Apa itu dana darurat? Pada dasarnya, dana darurat adalah tabungan yang secara khusus digunakan untuk mengatasi masalah keuangan mendesak. Nominalnya sendiri sekitar 6 sampai 12 pengeluaran bulanan dan berguna untuk membantu Anda bangkit dari keterpurukan finansial. Peran dana darurat ini sangat penting seperti saat Anda terkena PHK, harus renovasi rumah, sampai jatuh sakit.  

2. Prioritaskan Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Jika dana darurat telah terpenuhi dengan nominal ideal, Anda bisa mulai memikirkan untuk mengajukan asuransi kesehatan. Jika memang baru pertama kali mengajukan asuransi kesehatan dengan budget terbatas, usahakan memilih produk yang memberikan manfaat rawat inap. Sementara untuk rawat jalan tidak masalah jika ditalangi dulu dengan dana darurat. 

Kenapa harus rawat inap? Alasannya karena biaya ini biasanya sangat besar dan bisa memunculkan berbagai tagihan tak terduga. Apabila biaya ini sudah dicover oleh asuransi kesehatan, risikonya untuk mengacaukan kondisi keuangan akan menjadi lebih kecil. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm