Tanda Penuaan Dini, Bisa Muncul di Awal Usia 20

1 Maret 2024 19:00 WIB
 Wanita Mengangkat Wajah yang Berkerut
Wanita Mengangkat Wajah yang Berkerut ( Freepik)

 

Sonora.ID - Tanda penuaan dini bukan hanya munculnya garis-garis halus atau kerutan, tetapi juga bintik dan flek hitam, serta kulit mengendur. Tapi, Sahabat Sonora sudah tahu belum bahwa tanda penuaan dini sudah bisa muncul di awal usia 20 tahunan loh?

Dilansir dari Healthline, proses penuaan tubuh pada setiap orang berbeda-beda. Namun, penuaan diri terjadi Ketika sesorang mulai mengalami tanda-tanda penuaan sebelum usia 35 tahun.

Dr. Evelyne Anggun Natalie. Dipl. AAAM dari Skinevo Clinic Jakarta, mengungkapkan bahwa, tanda penuaan dini bisa terjadi di usia 20 tahun awal. “(Tanda penuaan dini di usia 20 tahun awal) Bisa banget, saya lihat dari beberapa pasien akhir-akhir ini. Terutama (tanda penuaan dini) di bagian mata, harusnya kerutan (keriput) di bawah mata itu enggak muncul di usia segitu (20 tahun awal), tapi karena lifestyle mungkin ya, kita ada social media. Belum lagi gula, perbobaanperkopian dengan gula aren itu sangat-sangat menyebabkan peremajaan kulit jadi terhambat..” jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

Kebiasaan merokok dan minum alkohol sejak usia muda juga dapat membuat kondisi kulit lebih parah. Kebiasaan minum sangat jelek buat liver yang berfungsi untuk detoksifikasi atau membuang racun ditubuh, jadi lebih banyak racun yang lebih dibuang oleh liver.

Sementara pada orang yang merokok, biasanya area leher lebih terlihat kerutannya. Hal ini karena pembuluh darahnya terkena nikotin sehingga nutrisi, oksigen dan zat lainnya yang dibawa oleh kulit menjadi lebih sedikit. Sehingga kulit lebih rentan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Teh Hijau bagi Kulit: Segudang Manfaat di Balik Rasanya yang Nikmat

Penyebab penuaan dini di usia 20 tahun awal 

1.      Begadang

Kebiasaan tidur pagi hari atau begadang yang dilakukan berulang-ulang akan menimbulkan sekitar mata menghitam dan kulit terlihat kusam. Jika kondisi ini terjadi secara menerus, maka dapat mempercepat proses penuaan dini.

Evelyne menuturkan, sel darah putih yang bertugas sebagai tentara tubuh akan membersihkan sampah-sampah di dalam tubuh. Termasuk, sampah-sampah di dalam tubuh dari sinar UV yang menyebabkan keriput dan flek hitam.  “Jadi, kalau (waktu tidur) kita pakai untuk nonton, game, dan sebagainya tidak ada yang bersih-bersih, sehingga racunnya banyak. Zat yang membuat keriput, kantong mata jadi hitam, semua racun yang seharusnya dikeluarkan, jadi enggak keluar, makanya kita tambah tua,” jelasnya. 

2.      Merokok dan Minum Alkohol

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm