KPK RI: Pentingnya Sinergi Antara KPK dan Pemda, Pemprov Sulut Raih MCP Terbaik

6 Maret 2024 20:50 WIB
KPK RI: Pentingnya Sinergi Antara KPK dan Pemda, Pemprov Sulut Raih MCP Terbaik
KPK RI: Pentingnya Sinergi Antara KPK dan Pemda, Pemprov Sulut Raih MCP Terbaik ( )

 

Manado, Sonora.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melakukan Rapat Dengar Pendapat Program PemberantasanKorupsi wilayah Sulawesi Utara (Sulut), bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota se- Sulut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan KPK RI Nawawi Pomolango juga diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouwserta seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Sulut, bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, pada Rabu (6/3/2024).

Pada kesempatan itu, Pimpinan KPK RI Nawawi Pomolango mengatakan, dari data per-area intervensi Monitoring Center For Prevention (MCP) 2023, Pemprov Sulut peraih MCP Terbaik dan itu diraih dengan total nilai 90,47.

“Total nilai ini merupakan yang tertinggi dari kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara,” kata dia.

Baca Juga: Langkah Pemprov Sulut Antisipasi Kenaikan Beras, Karo Ekonomi Sulut Reza: Tingkatkan Luas Tanam dan Produksi Padi

Menyusul di urutan kedua, Pemkab Minahasa Utara, kemudian Pemkab Minahasa Tenggara diposisi ketiga.

Dijelaskannya, dari MCP ini bisa menjadikan cermin untuk melihat kerja daripada teman-teman. Paling tidak ada sembilan area yang dicermati disitu.

 “Di situ bisa dilihat seperti apa kerja–kerja dari Pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi, kita bisa lihat dari situ,” tukasnya

Lanjutnya, ini tentunya dilihat dari nilai area, seperti Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, serta Pengelolaan BMD.

“Terkait MCP Terbaik ini tentunya ada penghargaan yang akan dikoordinasikan dengan kementerian–kementerian terkait, bentuk penghargaannya kepada Pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi yang konsisten di dalam hal penguatan kerja-kerja ini,”ungkapnya.

MCP merupakan sistem pelaporan yang dibuat oleh KPK untuk melaporkan upaya pencegahan korupsi yang dilakukanoleh Pemerintah Daerah setiap tahun.

Ini menjadi tolak ukur bagi KPK dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dengan tujuan mendorong perbaikan sistem dan regulasi serta implementasi sistem pengelolaan yang lebih transparan.

Penulis: Steve Rawis

PenulisSteve Rawis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm