Pemilu Berkahir, Relawan Serukan Ketertiban & Mantaati Real Count

10 Maret 2024 18:50 WIB
Relawan serukan ketertiban pasca pemilu
Relawan serukan ketertiban pasca pemilu ( )

Banjarmasin, Sonora.ID - Menyusul berakhirnya pemungutan suara dalam pemilihan umum (pemilu) 2024, tim relawan dari ketiga calon presiden serta sejumlah organisasi masyarakat (ormas) mengeluarkan imbauan bersama kepada para pendukung dan simpatisan untuk menunggu hasil penghitungan suara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta menjaga ketertiban selama proses tersebut berlangsung.

Mereka mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh hasil hitung cepat atau quick count yang beredar di media sosial dan berbagai platform berita. Selain itu, mereka juga menekankan bahwa hasil resmi akan diumumkan oleh KPU setelah proses real count selesai dilakukan.

"Kami mengajak seluruh pendukung dan simpatisan untuk bersabar dan menunjukkan kedewasaan politik. Mari kita tunggu bersama-sama," ujar Taupik, selaku koordinator Banua Dukung Ganjar, Minggu (10/3).

Baca Juga: Depot Minol Nekat Buka, Wali Kota Banjarmasin: Mari Viralkan!

Hal yang sama juga disampaikan Relawan Prabowo Gibran Batola, Majid. Ia berharap semua pihak dapat tetap tenang dan menghormati proses demokrasi yang sedang berlangsung.

"Kita mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat mengganggu proses demokrasi ini," ujarnya. 

Sementara itu, Pengurus Wilayah Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) Kalsel mengingatkan bahwa proses penghitungan suara oleh KPU adalah proses yang membutuhkan ketelitian dan waktu, sehingga hasilnya dapat dipercaya dan diakui oleh semua pihak. 

"Mari kita berikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu, agar mereka bisa menyelesaikan tugasnya dengan lancar," kata Sekretaris Parmusi wilayah Kalsel, M Bukhori.

Baca Juga: Food Court di Banjarmasin Menjamur, Sudahkah Setor Pajak Daerah?

Para relawan dan ormas juga menyerukan kepada semua pihak untuk menghindari penyebaran informasi yang belum terverifikasi yang dapat menimbulkan kebingungan dan ketidakstabilan.

"Hasil resmi dari KPU sebagai satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang mengumumkan hasil pemilu," kata Wakil Ketua Forum Demokrasi Milenial Kalimantan Selatan, Bagus Setiawan. 

Proses penghitungan suara real count oleh KPU dijadwalkan akan memakan waktu. Hasil resmi diharapkan dapat diumumkan secepatnya setelah semua proses verifikasi selesai dilakukan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Menyusul berakhirnya pemungutan suara dalam pemilihan umum (pemilu) 2024, tim relawan dari ketiga calon presiden serta sejumlah organisasi masyarakat (ormas) mengeluarkan imbauan bersama