DKM & Jamaah Masjid Lautze 2 Bandung Dikejutkan dengan Hadirnya Bey Tanpa Pengawalan

13 Maret 2024 11:51 WIB
Foto : Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin
Foto : Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin ( Dok. Diskominfo Jbr)
Bandung, Sonora.ID - Seketika suasana di dalam Masjid Lautze 2 Jalan Tamblong Kota Bandung, menjadi sedikit gaduh.
 
Bagaimana tidak, saat memasuki waktu Isya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin tetiba hadir dan ikut sholat berjamaah dalam masjid tersebut, Selasa (12/3/2024).
 
Pada awalnya pengurus dan jama'ah Masjid Lautze 2 ini tidak menyadari keberadaan Bey yang datang tanpa pemberitahuan, bahkan tidak ada pengawalan protokoler ataupun iring-iringan kendaraan. 
 
"Kami baru sadar ada Pak Gubernur pas baru mau mulai sholat tarawih, agak terkejut juga," senyum seorang Imam Masjid Lautze 2.
 
Kehadiran Bey pun akhirnya diketahui oleh jamaah setelah dirinya dipersilahkan memberikan sambutan singkat sebelum pelaksanaan sholat tarawih.
 
Saat ditemui media usai tarawih, Bey menyebut bahwa dirinya sering lewat di jalan tempat Masjid Lautze 2 berada, namun belum pernah merasakan sholat di dalamnya.
 
"Dari dulu saya kepingin merasakan sholat di sini. Sering lewat, dan Alhamdulillah kesempatannya sekarang ada dan pas di hari pertama Ramadan," kata Bey.
 
"Pernah direncanakan, tapi tidak terealisasi. Jadi sepertinya harus dadakan," ungkapnya.
 
Bey juga menyebut, tradisinya terjaga dengan sangat baik, bahkan suasana Masjid Lautze 2 ini, menurutnya sangat menenangkan dan nyaman.
 
"Masjidnya nyaman, tenang. Ibadah jadi khusyuk ya," sebut Bey.
 
Lebih lanjut, Bey mengaku kagum dengan masjid yang dikenal dengan keberagamannya tersebut. 
 
Ia pun mengapresiasi tradisi yang dijaga oleh para pengurus DKM Masjid Lautze 2 Bandung, khususnya di bulan Ramadan. 
 
"Masjid ini bagus bersih, khidmat di dalamnya, saya kagum. Terus saya juga baca-baca (sejarah masjid) ketua DKMnya  betul-betul menerapkan Islam yang Rahmatan lil alamin. Terus seperti tahun-tahun lalu yang menyiapkan takjil itu lintas agama," kata Bey. 
 
Sementara itu, Pengurus DKM Masjid Lautze 2 Bandung, Koko Rachmat Nugraha mengaku terkejut dengan kedatangan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin tanpa pemberitahuan. 
 
"Kami kaget, baru tahu ada beliau pas tadi kami mau melaksanakan shalat tarawih," kata Rachmat. 
 
Rachmat pun mengaku salut dengan sikap Bey Machmudin. Menurutnya, Bey memiliki sikap tawadhu atau rendah hati. 
 
Hal itu terbukti dari kedatangannya yang tanpa diiringi protokoler dan pengamanan apapun ke Masjid Lautze 2 Bandung. 
 
"Inilah ketawadhuan seorang pemimpin yah, jadi tidak perlu ada protokoler beliau datang seadanya dan kami pun menerima beliau seadanya tanpa ada semacam rekayasa atau gladi, tapi kami spontan. Kami berharap semoga beliau tetap menjabat karna tawadu Insya’Allah amin," ucap Rachmat. 
 
Diketahui kehadiran Bey di Masjid Lautze 2 ini hanya ditemani sopirnya dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Jadwal Imsak Ramadhan 2024 di Bandung dan Sekitarnya, Sebulan Penuh!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm