Tausiah Ramadhan di Kepri, Ma'ruf Amin Beri Pesan Kesabaran

15 Maret 2024 12:29 WIB
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin tausiah di Masjid Besar Al Uswah, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (14/03/2024).
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin tausiah di Masjid Besar Al Uswah, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (14/03/2024). ( BPMI Setwapres)

Sonora.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Isya dan Tarawih berjemaah di Masjid Besar Al Uswah, Jl. DI Panjaitan Km. 10, Air Raja, Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (14/03/2024). 

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin menyampaikan tausiah kepada para jemaah yang memenuhi masjid berkapasitas 1800 orang. Wapres mengingatkan pesan kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa. 
 
"Jadi orang puasa itu sabar. Nah yang sabar itu yang susah, karena sabar yang diminta itu sabar yang betul-betul" Ucap Ma'ruf Amin 
 
"Sabar itu tidak hanya tahan menderita tetapi juga tidak pernah mengadukan kepada orang lain, sehingga hanya kepada Allah SWT,” sambungnya. 
 
Wapres Ma'ruf Amin juga mengungkapkan bahwa ajaran syariat Islam yang diturunkan pasti mengandung hikmah, maslahat (kebaikan), dan manfaat bagi umat manusia baik secara individu maupun kehidupan sosial.
 
Termasuk, ibadah puasa di Bulan Ramadan yang setidaknya mengandung dua hikmah yakni sebagai penahan hawa nafsu dan pelatih kesabaran.  
 
Adapun pentingnya menahan nafsu, lanjutnya, karena merupakan musuh terberat manusia, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Bahkan, memerangi hawa nafsu disebut sebagai jihad akbar yang lebih besar dari melawan musuh di medan perang. 
 
“Semua orang diberi nafsu oleh Allah dan kecenderungan nafsu itu selalu membawa keburukan. Oleh karena itu harus ditangkal,” tegasnya. 
 
Selain itu, Wapres mengingatkan, nafsu itu selalu mengarahkan manusia untuk tidak pernah puas dalam hal apapun.
 
Menurutnya, nafsu itu seperti anak kecil yang apabila dibiarkan akan terus menyusu pada ibunya, yang hanya akan berhenti apabila disapih. 
 
“Nafsu itu harus diberhentikan karena kecenderungannya itu terus saja. Makanya Nabi menyatakan kalau seseorang dikasih emas satu gunung, dia akan cari menjadi dua gunung, kalau sudah dua gunung kepingin tiga gunung. Punya mobil satu pengen dua, punya dua pengen tiga, dan seterusnya,” terangnya.
 
Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Kepri terus mendorong masyarakat untuk gemar beribadah, khususnya di Bulan Ramadan.  
 
“Sejumlah 3.242 masjid dan surau di Kepri ini atau di 394 pulau yang berpenghuni, alhamdulillaah setiap tahun kita berikan bantuan pemerintah dengan total pada 2023 sejumlah 94 miliar rupiah secara keseluruhan dan di tahun 2024 ini insya Allah 112,5 miliar rupiah akan kita luncurkan bantuan untuk masjid dan musholah,” paparnya.  
 
Selain itu, sambung Ansar, pemprov Kepri juga menyebarkan sebanyak 50 ustadz di pulau-pulau terpencil untuk membangun semangat moderasi beragama, memperkokoh akidah, dan membangun semangat optimisme masyarakat, yang diberi insentif sebesar 4,2 juta rupiah setiap bulan.  
 
“Alhamdulillah, sebanyak itu masjid dan musholah yang ada di Kepri ini, namun kita bisa hidup berdampingan dengan saudara-saudara kita yang beragama lain" Pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Ma'ruf Amin Minta Penyelenggara Pelayanan Publik Jangan Bekerja Biasa-Biasa Saja 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm