8 Kultum tentang Bersyukur: Singkat, Pendek, dan Penuh Makna

17 Maret 2024 17:30 WIB
Kumpulan teks ceramah atau kultum tentang bersyukur yang singkat, pendek, dan penuh makna.
Kumpulan teks ceramah atau kultum tentang bersyukur yang singkat, pendek, dan penuh makna. ( Freepik)

Sonora.ID - Apa itu syukur? Syukur adalah ungkapan rasa terima kasih dan pengakuan atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah atau Tuhan Yang Maha Esa. 

Dalam agama Islam, syukur sangat ditekankan sebagai bentuk ibadah dan kesadaran akan kebesaran Allah. 

Selain itu, syukur juga dianggap sebagai kunci kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup, karena dengan bersyukur seseorang dapat memperoleh kepuasan dan rasa bahagia yang mendalam atas segala nikmat yang diberikan.

Dalam kehidupan sehari-hari, bersyukur dapat kita tunjukkan dengan mengucapkan kata-kata terima kasih, berdoa, atau menggunakan nikmat yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Berbicara mengenai sikap bersyukur berikut ini kami sajikan kumpulan teks ceramah atau kultum tentang bersyukur yang singkat, pendek, dan penuh makna, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 15 Ringkasan Ceramah Ramadhan 1445 H/2024: Ada Beragam Topik Menarik

Kultum tentang Bersyukur: Singkat, Pendek, dan Penuh Makna

Teks 1

Kultum tentang Bersyukur yang Merupakan Ibadah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Wahai kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT yang berkesempatan untuk berkumpul di waktu ini untuk mendengarkan contoh kultum tentang bersyukur.

Sesungguhnya syukur merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Sudah banyak ayat di dalam kitab suci Al Qur’an yang perintah Allah SWT agar manusia selalu bersyukur kepada-Nya.

Maka, syukur ini sudah termasuk ibadah dan juga bentuk dari ketaatan seorang manusia atas perintah Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

“Ingatlah selalu kepada-Ku, maka Aku senantiasa mengingat kalian. Selalu bersyukur kepada-Ku dan janganlah ingkar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Dalam kultum tentang bersyukur, seseorang akan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. 

Seorang muslim yang sejati tidak pernah terlepas dari keadaan, yaitu bersyukur ketika mendapat nikmat, bersabar ketika mendapat kesulitan, dan juga beristighfar apabila berbuat dosa.

Bersyukur termasuk ke dalam akhlak yang mulia. Rasa bersyukur ini dapat muncul karena kecintaan seorang hamba serta keridhoan terhadap sang Pemberi Nikmat. 

Oleh karena itu, bersyukur merupakan ibadah yang tidak kalah penting dengan pahala berlimpah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Teks 2

Kultum tentang Bersyukur Atas Karunia Allah SWT 

Assalamualaikum Wr. Wb

Untuk hadirin para muslimin yang terhormat,

Sejatinya nikmat Allah SWT kepada manusia sangatlah berlimpah. Tanpa kita sadari, segala hal di kehidupan ini termasuk wujud nikmat dari Allah SWT, mulai dari bernapas, memiliki rohani dan jasmani yang sehat, nikmat akal, dan masih banyak yang lainnya.

leh karena itu, contoh kultum tentang bersyukur sudah sepatutnya kita sebagai umat menunjukkan rasa syukur atas karunia yang diberikan dan juga keberkahan hidup yang tiada duanya tersebut. Sebagaimana Allah SWT jelaskan QS. An Nahl: 

“Dan ketika kamu mencoba untuk menghitung nikmat yang Allah SWT berikan, niscaya tidak akan pernah mampu. Sesungguhnya Allah SWT adalah sosok Maha Pengampun dan Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Syukur merupakan ucapan terima kasih manusia kepada seluruh nikmat pemberian Allah SWT. Setiap manusia pastinya harus pandai bersyukur agar nikmat hidupnya berlimpah.

Para muslimin rahimakumullah, contoh kultum tentang bersyukur adalah rasa syukur yang merupakan kebalikan dari kufur. Rasulullah SAW sendiri menjadi salah satu manusia yang sangat pandai bersyukur.

Terdapat suatu kisah ketika Nabi Muhammad SAW pernah ditanya Bilal, “Apa yang menyebabkan menangis, padahal Allah SWT telah mengampuni segala dosa, baik yang dahulu maupun yang akan datang?”

Mendengar pertanyaan itu, Rasul pun menjawab “Tidakkah engkau suka aku menjadi seorang hamba Allah SWT yang bersyukur?”

Dengan demikian hal tersebut mengajarkan bahwa kita harus selalu ingat untuk bersyukur di setiap kondisi.

Itulah kultum singkat mengenai bersyukur, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Teks 3

Kultum tentang Bersyukur

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Segala puji kepada Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. 

Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Shalawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Sahabat muslim yang saya cintai, Allah SWT telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada kita semua setiap harinya. 

Maka, izinkan saya untuk menyampaikan sedikit saja kultum mengenai bagaimana menjadi manusia yang pandai dalam bersyukur.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm