PLN Icon Plus Segera Hadirkan 200-an Titik WIFI Di Kabupaten Bandung

20 Maret 2024 12:51 WIB
Penandatanganan MoU antara Diskominfo Kab. Bandung dengan PLN Icon Plus SBU Reginal Jawa Bagian Barat di Intercontinental Hotel Bandung, Senin (18/3/2024)/ Dok. PLN Icon Plus Jabar
Penandatanganan MoU antara Diskominfo Kab. Bandung dengan PLN Icon Plus SBU Reginal Jawa Bagian Barat di Intercontinental Hotel Bandung, Senin (18/3/2024)/ Dok. PLN Icon Plus Jabar ( )

Sonora.ID - Sebagai bagian dari kewajiban pemerintah baik di pusat maupun di Kabupaten/Kota, dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada masyarakat, maka dihadirkan layanan internet di ruang publik.

Secara umum, menghadirkan layanan internet untuk masyarakat itu adalah menghadirkan layanan jaringan area lokal nirkabel yang kerap disebut WIFI. 
 
WIFI oleh sebagian orang dianggap sebagai singkatan dari Wireless Fidelity, padahal sebenarnya adalah singkatan dari Wireless Networking atau teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet nirkabel berkecepatan tinggi.
 
Terkait dengan pengadaan layanan jaringan nirkabel atau WIFI ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabuputen Bandung, menandatangani kesepakatan kerjasama dengan PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Barat dalam pengadaan internet bagi masyarakat Kabupaten Bandung, di Intercontinental Dago Bandung, Senin (18/3/2024).
 
 
"Kami berkewajiban memberikan layanan internet gratis bagi masyarakat. Semoga dengan adanya kerjasama ini, sedikitnya dapat mengurangi kesenjangan digital di daerah," ucap Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kabupaten Bandung Santi Rosmayanti usai penandatanganan.
 
"Kerjasama ini adalah pengadaan jaringan WIFI di 270 titik Desa dan 10 Keluarahan di wilayah Kabupaten Bandung," ungkap Santi.
 
"Kami mengapresiasi dukungan PLN Icon Plus serta berharap layanannya dapat terus ditingkatkan kehandalannya, karena kami telah memasuki ranah pembelajaran ke arah New Teknologi seperti Big Data, Blockchain, dan seterusnya, jadi dengan begitu banyak tantangan yang akan dihadapi dan tentunya dalam proses ini PLN Icon Plus dapat ikut berkontribusi," imbuhnya.
 
Hal senada juga disampaikan General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Barat, Wahyu Toni Hermawan.
 
"Kami memiliki komitmen untuk mendukung transformasi digital, seperti diantaranya melakukan kerjasama dengan Diskominfo Kabupaten bandung dalam pengadaan jaringan internet untuk publik," kata Wahyu.
 
 
Penandatanganan MoU antara Diskominfo Kab. Bandung dengan PLN Icon Plus SBU Reginal Jawa Bagian Barat di Intercontinental Hotel Bandung, Senin (18/3/2024)/ Dok. PLN Icon Plus Jabar
 
"Kami dengan dukungan infrastruktur dari PLN, siap membantu dalam meningkatkan pelayanan internet publik bagi Pemerintah Daerah di Kabupaten Bandung, bahkan kami pun siap mengembangkannya seperti kerjasama ini, hingga ke berbagai pelosok daerah di Jawa Barat," pungkas Wahyu.
 
Diketahui, penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Barat, Wahyu Toni Hermawan dan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi - Diskominfo Kabupaten Bandung Santi Rosmayanti, disaksikan oleh Direktur Jaringan dan Infrastruktur serta Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN Icon Plus.
 
Selain itu diinformasikan juga, bahwa pengaktifan jaringan internet di ratusan titik tersebut saat ini sedang dalam proses pengerjaan, dengan estimasi rampung pada pertengahan April 2024. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm