Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Layani Masyarakat

21 Maret 2024 11:43 WIB
( )

Bandung, Sonora.ID - Selama cuti bersama dan libur lebaran yang dimulai dari 8 - 15 April 2024, BPJS Kesehatan tetap memberikan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.
 
"Ini untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang membutuhkan layanan kesehatan yang diperlukan," ucap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Greisthy E.L. Borotoding di Bandung, Rabu (20/3/2024).
 
"Kami juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari jam 8 pagi sampai 12 siang," kata Greisthy.
 
Lebih lanjut Greisthy menyebut, adanya layanan ini menjadi komitmen yang mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.
 
Baca Juga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir, BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

"Prinsip portabilitas ini diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN dimana pun berada," kata Greisthy.

Selain itu, kata Greisthy, bagi peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.
 
Greisthy juga menyebut bahwa peserta dapat pula mengakses layanan non tatap muka melalui PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) di jam-jam pelayanan dari jam 08.00 hingga 12.00 WIB atau waktu setempat.
 
"Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," terang Greisthy.
 
Musim mudik nanti, lanjut Greisthy, BPJS Kesehatan menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024 dengan lokasi tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.
 
 
"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan," ungkapnya.
 
"Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini," imbuh Greisthy.
 
 
Ia menuturkan, peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik.
 
Greisthy juga menambahkan bahwa peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.
 
"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN," jelasnya
 
Greisthy mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.
 
"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, agar saat mengakses layanan di faskes tidak terkendala," katanya
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Deborah Johana Rattu mengatakan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat termasuk peserta JKN.
 
Selama Ramadan, untuk waktu pelayanan di Puskesmas mengikuti ketentuan yakni dari pukul 08.00 hingga 14.00.
 
Selanjutnya, selama libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 nanti, Puskesmas hanya akan tutup di tanggal merah. 
 
"Untuk tanggal cuti bersama 
Puskesmas tetap membuka layanan dengan dilakukan pengaturan tugas pegawai,” ujarnya
 
Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa selama tanggal 4 hinggal 17 April 2024 akan ada Pos Kesehatan dan seluruh rumah sakit tetap menerapkan siaga 24 jam. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm