Pembetonan Jalan di Desa Bero Klaten Terealisasi Berkat program TMMD

21 Maret 2024 16:29 WIB
Wakil Bupati Klaten
Wakil Bupati Klaten ( Tribunnews.com)

Klaten, Sonora.ID - Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mengungkapkan apresiasinya atas pencapaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun anggaran 2024 di Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Klaten yang diresmikan pada Rabu (20/3/2024).

Menurut Yoga, kerja keras dan komitmen dari seluruh elemen masyarakat menjadi faktor utama dalam kesuksesan program pembangunan di wilayah tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah menghadiri Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung tahap 1 tahun anggaran 2024 di lapangan desa setempat yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 0723 Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo.

Selain Wakil Bupati Klaten, juga hadir Forkopimda, Pimpinan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten, Forkopincam Tulung, serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Longsor Tutup Jalan Desa di Karanganyar, Warga Gotong Royong Bersihkan

Perwira Pelaksana Kapten Cba Budiyono melaporkan bahwa Desa Bero dipilih sebagai target TMMD karena adanya kendala pada akses jalan antar desa yang membatasi aktivitas pertanian dan perekonomian.

 

Budiyono menjelaskan bahwa kegiatan TMMD Tahap I telah berhasil dilaksanakan dan diselesaikan sepenuhnya.

 

“Sasaran pokok betonisasi jalan dan pembangunan talut selesai 100 persen. Sasaran non fisik juga selesai 100 persen,” jelasnya.

 

Dia menyatakan bahwa program TMMD Tahap I di Desa Bero, Trucuk, yang berlangsung mulai 20 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024 adalah hasil dari kerjasama berbagai pihak.

 

Tim terdiri dari 30 personel TNI, dua personel Polri, satu teknisi, lima aparat desa, dan 45 warga masyarakat.

 

Dalam pidatonya, Dandim 0723 Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo mengungkapkan bahwa tujuan dari Program TMMD adalah untuk mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Klaten dalam percepatan pembangunan infrastruktur untuk masyarakat di pedesaan dan daerah terpencil.

 

“Dalam hal ini TNI tidak bergerak sendiri. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, TNI, Polri, masyarakat setempat yang telah bahu membahu melaksanakan program TMMD Sengkuyung Tahap I Desa Bero Trucuk selama kurang lebih satu bulan ini,” ungkapnya.

 

Dia juga mengingatkan untuk terus menjaga semangat solidaritas dan hubungan yang harmonis antara TNI dan masyarakat, serta untuk tidak mudah terpengaruh oleh informasi palsu yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

 

“Pelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa, dan jaga pelihara hasil program TMMD agar dapat dimanfaatkan masyarakat dalam kurun waktu yang cukup Panjang,” jelasnya.

 

Baca Juga: Jalan Amblas di Desa Bailangu Langsung Diperbaiki

 

Acara dilanjutkan dengan proses penandatanganan berita acara dan serah terima oleh Wakil Bupati Klaten bersama Dandim 0723 Klaten.

 

Sebagai penutup rangkaian acara, Dandim 0723 Klaten melakukan pemukulan gong dengan didampingi Forkopimda sebagai simbol penutupan resmi TMMD Sengkuyung tahap I di Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Klaten dan Dandim 0723 Klaten juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah tersebut.

 

Terakhir, Forkopimda dan staf melakukan pemeriksaan langsung terhadap hasil dari Program TMMD Sengkuyung Tahap I, yaitu pembetonan jalan sepanjang 373 meter dengan lebar 3,5 meter dan ketebalan 15 centimeter, serta pemeriksaan terhadap pembangunan talut sepanjang 710 meter, lebar 35 centimeter, dan tinggi 0,8 meter.

 

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan tersebut, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, menyatakan bahwa kehadirannya dalam upacara penutupan TMMD merupakan ungkapan terima kasih atas penyelesaian pembangunan di desa tersebut.

"Hari ini saya Berkesempatan Menghadiri Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Bero Kecamatan Trucuk," ungkapnya melalui akun media sosial pribadinya di Instagram @h.yogahardayash.mh.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan desa tersebut dapat terwujud berkat dedikasi dan kerja keras dari semua elemen.

 

Baca Juga: Tanah Longsor di Cilacap Telan 18 Hewan Ternak, Jalan Desa Lumpuh Total

 

Penulis: Zulfa Abdat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm