Festival Ramadan Tahun 2024: Sinergi dan Kolaborasi Tingkatkan Kesadaran Berzakat dan Berwakaf

23 Maret 2024 12:34 WIB
Festival Ramadan Tahun 2024: Sinergi dan Kolaborasi Tingkatkan Kesadaran Berzakat dan Berwakaf
Festival Ramadan Tahun 2024: Sinergi dan Kolaborasi Tingkatkan Kesadaran Berzakat dan Berwakaf ( Sonora.ID)

Sonora.ID - Dalam rangka menyongsong Indonesi Emas 2045, Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kolaborasi dengan Baznas, LAZ, dan stakeholders lainnya dalam meningkatkan akselerasi tata kelola zakat yang lebih cepat, merata, dan tentunya akuntabel.

Kementerian Agama siap menerbitkan dan membangun berbagai infrastruktur tata kelola zakat. Akselerasi transformasi tata kelola zakat akan sangat bergantung pada sinergi dan kolaborasi antara regulator dan pelaksana di lapangan,” ungkap Saiful Rahmat Dasuki, Wakil Menteri Agama dalam sambutan pada pembukaan Festival Ramadan

Lebih lanjut Saiful menyebut bahwa Kementerian Agama telah menggagas berbagai strategi, salah satunya adalah merancang tata kelola zakat yang lebih terorganisir dan terstruktur guna mendistribusikan serta memeratakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Tata kelola zakat tidak boleh lagi berjalan sendiri-sendiri. Ini bukan hanya tanggung jawab satu entitas, melainkan tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa zakat benar-benar memberikan dampak yang signifikan,” tutur Saiful Rahmat Dasuki, Wakil Menteri Agama.

Sebagai bagian dari Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024 yang diatur dalam Peraturan Menteri Agama No. 18 Tahun 2020, Kementerian Agama bertujuan untuk menciptakan Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, modern, cerdas, dan unggul.

Salah satu strategi utama dalam mencapai tujuan tersebut adalah meningkatkan pemanfaatan ekonomi keagamaan, dengan fokus pada peningkatan kualitas penerimaan dana zakat dan wakaf.

Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama RI mengungkap, dalam menyambut momentum Ramadan di tahun ini, Kementerian Agama mengadakan pelaksanaan Festival Ramadan.

Kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif yang dilakukan Kementerian Agama bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Lembaga Amil Zakat (LAZ), para pemangku kepentingan lainnya, termasuk lembaga pemerintah, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat umum.

“Festival Ramadhan juga diharapkan menjadi media yang efektif untuk mempererat koordinasi dan konsolidasi di antara berbagai pihak terkait, termasuk lembaga pemerintah, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat umum,” jelas Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama RI

Bertempat di Aula H.M. Rasjidi Kementerian Agama, kegiatan Festival Ramadan ini digelar pada (22/3) bertujuan untuk meningkatkan kelembagaan zakat, mendorong partisipasi masyarakat, memperkuat kolaborasi antar lembaga zakat, dan meningkatkan dampak zakat dalam kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Melalui berbagai kegiatan sosial seperti santunan, bazar amal, dan program donasi, festival ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendorong semangat berbagi dengan sesama dalam spirit kebersamaan dan solidaritas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm