Gelar Pasar Murah hingga Operasi Pasar, Upaya Pemkab KKR Kendalikan Inflasi

2 April 2024 19:05 WIB
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perdagangan Perindustrian Kubu Raya, Norasari Arani.
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perdagangan Perindustrian Kubu Raya, Norasari Arani. ( DKUKMPP Kab. Kubu Raya)

KUBU RAYA, Sonora.ID - Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro Perdagangan Perindustrian (DKUKMPP) Kubu Raya Norasari Arani mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melakukan beberapa upaya dalam penanganan Inflasi.

Pertama yaitu kegiatan Operasi Pasar yang dilaksanakan di 9 (sembilan) kecamatan, dan dimulai sejak tanggal 12 Maret hingga 2 Maret 2024, dimana terakhir dilaksanakan di Kecamatan Terentang.

"Untuk setiap lokasi Pemerintah Kabupaten menyiapkan 5 ton beras, 1 ton gula pasir, dan 1 ton minyak goreng. Untuk beras dijual dengan diberi subsidi 3000 rupiah, dengan kualitas premium, " ujar Norasari.

Dia menjelaskan kegiatan kedua yang dilakukan Pemkab adalah melakukan sidak pasar untuk melihat sejauh mana harga bisa terkendali di pasar itu.

"Seandainya kalau mereka menjual lebih dari Harga Eceran Tertinggi (HET), itu langsung kita tegur terutama untuk sembako seperti; gula, beras, itu sudah ada standarnya, " katanya.

Baca Juga: Operasi Pekat, Polres Kubu Raya Ciduk 3 Pemain Judi

Nora mengatakan memang terjadi juga kenaikan harga beras beberapa minggu lalu dikarenakan dampak dari El Nino, dan banjir yang menyebabkan gagal panen, sehingga memang permintaan menjadi tinggi sesuai mekanisme pasar harga itu menjadi naik.

Adapula yang disebabkan mahalnya harga transportasi. "Untuk daerah yang sulit dijangkau seperti Kecamatan Batu Ampar itu biayanya sangat tinggi, dan pada saat itu juga belum ada masa panen raya, " jelasnya lagi.

Selain kegiatan - kegiatan diatas, Pemkab Kubu Raya sedang melakukan monitoring terhadap 47 komoditi dan itu dilakukan juga Daily Report langsung ke Kementerian Perdagangan, serta Pemerintah Daerah.

"Alhamdulillah, untuk Kabupaten Kubu Raya semua terkendali. Kemarin kita juga ikut serta pada Rapat Persiapan Ketupat di Polres Kubu Raya, dimana Dinas kami menginformasikan kondisi stok bahan pokok dan bahan penting lainnya yang dibutuhkan untuk hari raya Idul Fitri secara umum, "jelas Norasari.

Dia menambahkan masyarakat tidak perlu khawatir untuk stok beras Kubu Raya karena bisa dikatakan Kubu Raya Panglimanya pertanian, apalagi baru masa panen.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.