60 Ucapan Halal Bihalal Idul Fitri 2024: Caption yang Menghangatkan Hati

12 April 2024 15:35 WIB
Kumpulan ucapan atau kata-kata bijak halal bihalal Idul Fitri 2024/1445 H yang cocok untuk dijadikan caption di media sosial.
Kumpulan ucapan atau kata-kata bijak halal bihalal Idul Fitri 2024/1445 H yang cocok untuk dijadikan caption di media sosial. ( Freepik)

Sonora.ID - Mengisi libur panjang lebaran sebagian besar umat Muslim biasanya akan memanfaatkan masa ini dengan berkumpul bersama keluarga maupun warga sekitar tempat tinggal melalui acara halal bihalal.

Halal bihalal dapat diartikan sebagai kegiatan maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan.

Acara halal bihalal biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang dan ini telah menjadi tradisi di Indonesia. 

Halal bihalal biasanya terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan yang menarik dan berkesan dimulai dengan pembukaan, pembacaan doa, sambutan-sambutan, tausiyah, ikrar halal bihalal, hingga makan bersama.

Untuk mengenang kehangatan momen halal bihalal Idul Fitri tahun ini Anda bisa mengunggah berbagai foto maupun video terkait momen tersebut ke media sosial.

Supaya kehangatan momen kebersamaan tersebut semakin terasa, Anda bisa menambahkan ucapan halal bihalal sebagai caption.

Berikut kumpulan kata-kata bijak halal bihalal Idul Fitri 2024/1445 H yang dapat Anda pilih sesuai selera, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 4 Kultum Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H/2024: Pendek dan Menyentuh Hati

Ucapan Halal Bihalal Idul Fitri 2024: Caption yang Menghangatkan Hati

  1. "Ramadan telah berlalu namun kerinduan kepadanya tak juga hilang. Ya Rabb pertemukanlah kami kembali dengannya."
  2. "Mata dapat salah lihat. Kuping dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, saya dan keluarga mengucapkan: " Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H."
  3. “Taqobbalallaahu minnaa wa minkum shiyaamana washiyaamakum kullu aamiin wa antum fii khoir. Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya dan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadan di tahun yang akan datang."
  4. "Di tengah gema takbir, hati tertunduk untuk memohon maaf. Dari lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, tingkah laku yang tidak berkenan serta hati yang berprasangka.
  5. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka."
  6. "Selamat Idulfitri. Semoga Allah SWT menerima amal kami dan darimu (amal kita semua) dan semoga Allah SWT selalu memberikan kebaikan kepada kita sepanjang tahun dan selamanya."
  7. "Silaturahim adalah jembatan kasih sayang. Menjembatani dua sisi yang berbeda terhubung dengan jiwa kasih dan sayang."
  8. "Silaturahmi itu meluaskan pikiran dan memperkaya sudut pandang. Dan salah satu dari sekian banyak pintu rezeki."
  9. "Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi. (HR. Bukhari)"
  10. "Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu (HR Ahmad)"
  11. "Jarak boleh terpisah, tapi kebersamaan tetap terjaga. Itulah pengertian dari silaturahmi."
  12. "Selamat Hari Raya Idul Fitri, saudaraku. Semoga semua amal ibadah kita ketika bulan Ramadhan diridhai Allah SWT. Mohon maaf lahir batin apabila ada kesalahan yang telah lalu."
  13. "Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanallahu wa iyyaakum minal 'aidin wal faizin wal maqbulin kullu 'aamin wa antum bi khair. Selamat hari raya Idul Fitri. Semoga kita semua senantiasa dalam kebaikan dan semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua."
  14. "Selamat Hari Raya Idul Fitri. Selamat berlebaran. Semoga lebaran ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua. Mohon maaf lahir batin atas semua kesalahan. Mari kita sambut bulan Syawal dengan hati yang bersih."
  15. "Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Selamat merayakan Idul Fitri. Semoga kita semua senantiasa dalam kebaikan. Mohon maaf lahir batin apabila ada kesalahan yang telah diperbuat."
  16. "Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama telah memudar maka silaturahmi akan terpecah."
  17. "Idul Fitri adalah simbol Islam yang indah karena menghilangkan penghalang antara yang kaya dan yang miskin, yang beriman dan yang berdosa."
  18. "Biarlah Idul Fitri ini menjadi kesempatan untuk berbagi cinta dan perhatian kepada orang-orang yang perlu dicintai dan diperhatikan. Idul Fitri untuk semua!"
  19. "Menghabiskan Idul Fitri bersama teman dan keluarga dengan banyak makanan enak adalah berkah, kamu beruntung jika memiliki mereka dalam hidupmu!"
  20. "Ikatan persaudaraan membuat kita tak terpisahkan, saling menguatkan, dan saling menutupi kekurangan."
  21. "Minal Aidin wal Faizin. Mohon maaf lahir batin. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan diridhai oleh Allah SWT. Selamat hari Raya Idul Fitri."
  22. "Selamat hari raya Idul Fitri. Minal Aidin wal Faizin. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Selamat berlebaran. Selamat bersilaturahmi dengan keluarga."
  23. "Saling memaafkan adalah tanda kebesaran hati dan merupakan bentuk kasih sayang yang Allah cintai." - Ali bin Abi Thalib. 
  24. "Halal bihalal menguatkan tali persaudaraan, meredakan dendam, dan memperkuat rasa tolong-menolong." - Umar bin Khattab. 
  25. "Jangan merasa lebih baik daripada orang lain karena Allah bisa membalikkan keadaan dalam sekejap mata." - Abu Bakr As-Siddiq. 
  26. "Ketika seseorang melakukan kesalahan, kita harus memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri dan menjalin kembali persaudaraan." - Uthman bin Affan. 
  27. "Jangan saling bermusuhan, jangan saling membenci, dan jangan saling memusuhi. Sebaliknya, saling mengasihi dan menghargai satu sama lain." - Said bin Zaid. 
  28. "Saling memaafkan dan memohon maaf adalah tanda kekuatan hati dan kemurahan hati." - Abdullah bin Mas'ud. 
  29. "Jangan pernah memandang rendah orang lain, karena mungkin saja ia lebih baik daripada kita di mata Allah." - Abu Hurairah. 
  30. "Halal bihalal adalah waktu yang tepat untuk saling mempererat tali persaudaraan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan sesama." - Salman Al-Farisi. 
  31. "Jangan berprasangka buruk terhadap orang lain, karena prasangka buruk itu adalah dosa besar." - Thalhah bin Ubaidillah. 
  32. "Saling memaafkan dan memperbaiki hubungan adalah tindakan yang mulia dan mendapat pahala dari Allah." - Abu Dzar Al-Ghifari
  33. "Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Di hari fitri ini Mohon maaf lahir serta batin."
  34. "Dengan segala kerendahan hati, Perkenankan Kami Sekeluarga Menghaturkan " Selamat Menyambut kedatangan Idulfitri 1 Syawal 1445 H."
  35. "Taqabbalallohu Minna wa Minkum. Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H Mohon maaf lahir dan batin."
  36. "Sambut awal baru dengan hati yang bersih dan suci. Mohon maaf lahir batin. Minal Aidin wal Faizin. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri untuk semua kawan dn saudaraku."
  37. "Selamat hari raya Idul Fitri. Selamat merayakan lebaran bersama keluarga. Semoga kebahagiaan dan rahmat dari Allah SWT selalu menyertai kita. Mohon maaf lahir dan batin."
  38. "Awali bulan Syawal dengan hati yang bersih. Minal Aidin wal Faizin. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri. Selamat berlebaran dan berbagai kebahagiaan bersama keluarga. Semoga kebaikan selalu menyertai kita."
  39. "Di hari raya Idul Fitri ini, mari kita panjatkan syukur kepada Allah SWT atas semua karunia-Nya. Mohon maaf lahir dan batin apabila ada kesalahan. Selamat berlebaran."
  40. "Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mari kita berbagi kebaikan dan kebahagiaan di hari yang suci ini. Mohon maaf lahir batin dan semoga semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan diridhai dan diterima Allah SWT."
  41. "Sambut bulan Syawal dengan hati yang suci. Selamat hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin apabila pernah ada kesalahan baik yang sengaja maupun tidak sengaja."
  42. "Semoga ibadah puasa kita serta ibadah lainnya diterima Allah SWT dan semoga kita selalu dalam Rida Allah."
  43. “Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H bagi umat muslim yang merayakannya. Dengan berakhirnya bulan suci Ramadan semoga kita tetap terus berada di jalan-Nya dengan hati yang bersih dan saling memaafkan.”
  44. “Bila Idulfitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf, agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat Idulfitri."
  45. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin."
  46. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."
  47. "Aku tidak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Hari Raya Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin."
  48. "Kita harus saling membantu dan tolong-menolong, karena itulah yang membuat persaudaraan kita semakin erat." - Amr bin Al-Ash
  49. "Halal bihalal adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan kehangatan persaudaraan dan menumbuhkan rasa saling mengasihi." - Abu Musa Al-Asy'ari
  50. "Jangan saling berdengki dan iri hati, karena kedua sifat tersebut hanya akan merusak persaudaraan kita." - Abu Ubaidah bin Al-Jarrah
  51. "Saling memahami dan menghargai perbedaan adalah kunci untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama." - Thawban 
  52. "Kita harus selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain, karena dengan begitu kita dapat memperkuat tali persaudaraan kita." - Bilal bin Rabah
  53. "Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati, karena hari ini Idulfitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin."
  54. “Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Maafkan aku yang pernah melukaimu. Karena hanya maafmu yang dapat menghapus laraku. Minal aidzin waal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.”
  55. “Jazakumullah khair saudara-saudaraku. Untuk semua pelajaran yang pernah kau berikan. Untuk semangat yang pernah kau tularkan. Untuk ketegaran dan kesabaranmu. Semoga Allah menerima amalan-amalan kita dan mempertemukan kita dengan ramadhan tahun depan.”
  56. “Tak ada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini.”
  57. "Ya Rabbi, berkahi umur kami hingga Ramadan di tahun depan. Sucikan hati kami untuk bisa memaafkan saudara kami. Taqabalallahu minna wa minkum."
  58.  "Jangan pernah meremehkan nilai persaudaraan, karena persaudaraan adalah salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah." - Thawban
  59.  "Jangan pernah memutuskan hubungan dengan sesama karena perbedaan pendapat atau perbedaan pandangan." - Abu Ayyub Al-Anshari
  60. "Jangan pernah berpikir bahwa kita lebih baik dari orang lain, karena hanya Allah yang dapat menilai sejauh mana kebaikan dan keburukan kita." - Abu Dzar Al-Ghifari

Itulah kumpulan ucapan halal bihalal Idul Fitri 2024 yang dapat Anda jadikan sebagai caption yang menarik di media sosial.

Baca Juga: 7 Teks MC Halal Bihalal: Untuk Masjid, Sekolah, Keluarga, Kantor, RT, dan Teman

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm