3 Khutbah Jumat Setelah Ramadhan, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

11 April 2024 07:50 WIB
Ilustrasi Khutbah Jumat Setelah Ramadhan
Ilustrasi Khutbah Jumat Setelah Ramadhan ( )

Sonora.ID – Berikut kumpulan teks khutbah Jumat setelah Ramadhan, penuh makna dan menyentuh hati yang bisa dijadikan referensi.

Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah telah pergi meninggalkan umat Islam. Perginya bulan ini tentu akan menimbulkan rasa sedih sekaligus rindu di hati kaum muslim.

Maka dari itu, topik khutbah Jumat setelah Ramadhan akan sangat cocok dibawakan oleh khatib saat sholah Jumat.

Tujuannya untuk mengingatkan umat Islam untuk senantiasa mempertahankan dan meningkatkan semangat ibadah kita pasca-Ramadhan.

Berikut 3 teks khutbah Jumat setelah Ramadhan, penuh makna dan menyentuh hati yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga: 3 Khutbah Jumat tentang Akhir Ramadhan dan Malam Lailatul Qadar, Menyentuh Hati

1. Khutbah Jumat Pasca Ramadhan

Menjaga Semangat Ibadah setelah Ramadhan

الحَمْدُ للهِ الّذِي لَهُ مَا فِي السَّموَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ وَلَهُ الحَمْدُ فِي الآخرَة الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وهو الرّحِيم الغَفُوْر. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِاَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَاِبهِ الهَادِيْنَ لِلصَّوَابِ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ اْلمَآبِ

اَمَّا بَعْدُ، فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

 Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah,

Pertama sekali marilah kita bersyukur kehadirat Allah. Yang telah memberikan berjuta kenikmatan kepada kita sekalian, sehingga masih bisa melaksanakan Shalat Jumat di masjid yang mulia ini.

Shalawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad. Yang telah membimbing kita menuju dunia yang terang dan jelas, yaitu addinul islam.

Semoga kita selalu mencintainya dan bershalawat kepadanya sehingga diakui sebagai umatnya yang mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, amin.

Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah,

Selaku khotib kami mengajak kepada hadirin sekalian dan diri kami pribadi, marilah kita selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah dengan terus berusaha menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi semua laranganNya.

Semoga Allah selalu memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sehingga kita selalu dalam keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Amin. 

Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah,

Alhamdulillah kita sudah sampai pada Syawal, yang berarti Ramadhan telah meninggalkan kita. 

Kita berharap pada tahun akan datang, masih bisa bertemu dan mengisi ibadah Ramadhan di tahun depan dengan yang lebih baik dari bulan Ramadhan kemarin. 

Ramadhan yang telah lalu tentunya masih menyisakan atau membekas pada kehidupan kita sekarang.

Dan, bulan yang akan datang terjaga semangat ibadahnya. Semangat ibadah Ramadhan kemarin harus menyemangati dan menginspirasi ibadah kita di 11 bulan yang akan datang. Bukan sebaliknya. 

Banyak memang yang berusaha dan menghadang dalam semangat beribadah yang lebih baik atau minimal sama semangat ibadahnya seperti saat Ramadhan yang telah lalu. 

Apa saja yang mengganggu dan mengggoda semagat ibadah?:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm