3 Khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

22 Februari 2024 10:00 WIB
Ilustrasi 3 Khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban, Penuh Makna dan Menyentuh Hati
Ilustrasi 3 Khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban, Penuh Makna dan Menyentuh Hati ( Photo by Raka Dwi Wicaksana on Unsplash)

Sonora.ID – Berikut contoh khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban, penuh makna dan menyentuh hati.

Nisfu Syaban menjadi salah satu momen istimewa yang dinantikan umat muslim.

Nisfu Syaban merupakan salah satu malam istimewa yang terdapat di bulan Syaban, bulan kedelapan dalam penanggalan Hijriah.

Malam Nisfu Syaban 1445 hijriah diprediksi jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024, setelah waktu magrib atau malam Minggu, 25 Februari 2024, berdasarkan kalender hijriah Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam tradisi masyarakat muslim, Nisfu Syaban ini menjadi momen untuk memperbanyak ibadah.

Baca Juga: 3 Khutbah Jumat tentang Pemilu, Pesan Perdamaian dan Persaudaraan 

Beberapa contoh amalan yang dapat dikerjakan saat Nisfu Syaban adalah zikir, doa, puasa, dan amal ibadah lainnya.

Maka dari itu tema khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban menarik untuk disampaikan oleh khatib sebelum sholat Jumat.

Tak perlu berlama-lama, berikut 3 khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban, penuh makna dan menyentuh hati.

1. Khutbah Jumat tentang Nisfu Syaban

 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدىْ وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْكَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لآإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى خَاتَمِ اْلاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ مُحَمَّدٍ وَّعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ قَالَ تَعَالَى : إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ   

Hadirin rahimakumullah. 

Pada waktu yang mulia ini, di atas mimbar Jumat, tidak bosan-bosan khatib selalu mengingatkan kepada jamaah Jumat sekalian dan khususnya kepada diri khatib pribadi, untuk selalu meningkatkan takwa kita kepada Allah swt, yakni dengan menjalankan penuh segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Karena sebaik-baik bekal adalah takwa. Sebagaimana yang telah difirmankan oleh Allah swt:

 وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ, 

Artinya: Berbekallah dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Selain menjadi bekal yang baik, takwa juga menjadi sifat yang paling mulia di sisi Allah swt. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an surat  Al-Hujurat ayat 13:

 إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ  

Artinya: Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. 

Hadirin rahimakumullah 

Segala puji milik Allah swt, Tuhan yang memberikan kita kesehatan jasmani dan ruhani, secara jasmani kita diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga bisa melakukan ibadah shalat Jumat di masjid yang mulia ini, serta kita juga masih diberikan umur oleh Allah swt hingga saat ini juga masih bertemu dengan bulan Sya'ban, dan mudah-mudahan kita juga akan bertemu pada bulan suci Ramadhan. 

Kenikmatan secara ruhani kita masih diberikan hidayah oleh Allah swt, sehingga kita masih taat kepada-Nya, salah satu buktinya yakni berkumpulnya kita di masjid yang mulia ini untuk melaksanakan shalat Jumat secara berjamaah. 

Shalawat dan salam, tetap tercurah kepada Rasulullah Muhammad saw, Nabi yang membawa syariat Islam, yakni agama yang mengatur kehidupan manusia, dan syariat yang mengangkat manusia ke harkat martabat yang mulia, dan syariat yang juga menyempurnakan akhlak manusia di muka bumi untuk menjadi baik dan terpuji. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm