Pj Bupati PPU Fasilitasi Pertemuan Warga Terkena Dampak Tambang Batu Bara Dengan Pihak Perusahaan

16 April 2024 16:30 WIB
(Pj) Bupati PPU Makmur Marbun Gelar Pertemuan bersama dengan warga yang terdampak dan pihak perusahaan di kantor bupati PPU. Senin, (15/4/2023)
(Pj) Bupati PPU Makmur Marbun Gelar Pertemuan bersama dengan warga yang terdampak dan pihak perusahaan di kantor bupati PPU. Senin, (15/4/2023) ( )
 
Penajam, Sonora.ID - Mendengarkan Keluhan Akibat Dampak Tambang Batu Bara Di Desa Sesulu, kecamatan waru kabupaten penajam paser utara Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun Gelar Pertemuan bersama dengan warga yang terdampak dan pihak perusahaan di kantor bupati PPU. Senin, (15/4/2023)
 
Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan bahwa keberadaan perusahaan di Kabupaten PPU salah satunya di wilayah Desa Sesulu ini wajib memperhatikan dampak yang ditimbulkan baik bagi lingkungan maupun masyarakat di sekitar. 
 
Oleh karenanya ketika masyarakat mengeluhkan dampak yang muncul akibat adanya tambang, pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengambil kebijakan terhadap perusahaan yang bersangkutan," kata Makmur Marbun. 
 
Lanjut Makmur Marbun juga minta kepada pihak perusahaan agar lebih peduli terhadap masyarakat sekitar tambang. Jangan sampai masyarakat hanya menerima dampak buruknya saja tanpa ada perhatian dari perusahaan. 
 
Jangan sampai masyarakat sudah menuntut baru kemudian perusahaan memberikan perhatiannya. "bebernya
 
Dalam pertemuan ini beberapa kesepakatan yang dihasilkan diantaranya bahwa warga wilayah tambang mengharapkan tidak ada lagi dampak polusi, pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dapat mengganggu aktivitas mereka.
 
 
Kemudian, meskipun perusahaan telah mendapatkan izin berupa IUP OP dari DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur, namun tetap harus memperhatikan keluhan masyarakat dan mengatasi dampak yang ditimbulkan dari kegiatan penambangan batu bara tersebut.
 
Dalam berita acara rapat ini juga menyebutkan bahwa pihak perusahaan batu bara berjanji akan memberikan CSR (corporate social responsibility) untuk masyarakat sekitar serta akan mengatasi dampak sosial dan dampak lingkungan yang timbul di lingkungan masyarakat. 
 
Selain itu ada juga kesepakatan dengan pihak perusahaan agar tempat penimbunan batu bara paling dekat 1 kilometer dari rumah penduduk. Kemudian pihak perusahaan juga diminta segera mengecek limbah yang ditimbulkan  disekitar lingkungan masyarakat paling lambat satu minggu setelah rapat ini. 
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten PPU Sodikin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU Safwana, DPMPTSP PPU, Satpol PP, Bapenda PPU, Bagian Perekonomian, Bagian Hukum, Camat Waru, Polsek Waru, Perwakilan Danramil Waru, Kepala Desa Sesulu, BPD Desa Sesulu, Ketua RT 01 Desa Sesulu, CV PMA dan CV Tigra."pungkasnya. ( Adv / Diskominfo PPU) 
 

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm