5 Contoh Cerita Inspiratif Kelas 9 Beragam Tema dan Strukturnya

16 April 2024 18:56 WIB
Ilustrasi contoh cerita inspiratif kelas 9.
Ilustrasi contoh cerita inspiratif kelas 9. ( Pixabay)

Sonora.ID - Contoh cerita inspiratif merupakah salah satu materi Bahasa Indonesia kelas 9.

Cerita inspiratif adalah teks berisi pengalaman atau kejadian yang benar-benar terjadi ataupun cerita fiksi yang mampu menginspirasi, menggugah, dan memberikan motivasi kepada pembacanya.

Struktur cerita inspiratif kelas 9

Sama seperti teks narasi lainnya, cerita inspiratif juga memiliki struktur, yakni abstraksi, orientasi, komplikasi, resolusi dan koda.

1. Abstraksi merupakan gambaran tentang isi teks. Namun, sering kali bagian ini tidak ditulis.
2. Orientasi berisi pengenalan tokoh dan latar, baik latar waktu, tempat, dan suasana.
3. Komplikasi berkaitan dengan hal-hal problematik yang dialami atau dilalui tokoh.
4. Resolusi adalah tahapan penyelesaian masalah atau konflik.
5. Koda berisi kesimpulan dari keseluruhan peristiwa termasuk konflik yang terjadi.

Berikut ini 5 contoh cerita inspiratif kelas 9 dikutip dari berbagai sumber.

1. Membalas dengan Kebaikan

Orientasi:

Di suatu desa ada seorang petani mempunyai tetangga yang profesinya sebagai pemburu dan mempunyai anjing-anjing yang galak dan kurang terlatih. Anjing-anjing itu sering melompati pagar dan mengejar-ngejar domba milik petani. Petani itu meminta tetangganya untuk menjaga anjing-anjingnya, tetapi ia tidak mau peduli.

Komplikasi:

Suatu hari anjing-anjing itu menyerang beberapa domba hingga terluka parah. Petani itu merasa tak sabar, dan memutuskan pergi ke kota untuk berkonsultasi kepada seorang hakim. Hakim itu mendengarkan cerita petani itu dengan hati-hati dan berkata, "Saya bisa saja menghukum pemburu itu dan memerintahkan dia untuk merantai dan mengurung anjing-anjingnya. Tetapi Anda akan kehilangan seorang teman dan mendapatkan seorang musuh. Mana yang kau inginkan, teman atau musuh yang jadi tetanggamu?"

Resolusi:

Petani itu menjawab bahwa ia lebih suka mempunyai seorang teman. "Baik, saya akan menawari Anda sebuah solusi yang mana Anda harus menjaga domba Anda agar tetap aman dan ini akan membuat tetangga Anda tetap sebagai teman."

Mendengar solusi sang hakim, petani itu setuju. Ketika sampai di rumah, petani itu segera melaksanakan solusi sang hakim. Dia mengambil tiga domba terbaiknya dan menghadiahkannya kepada ketiga anak tetangganya itu. Tetangganya menerima dengan suka cita dan anaknya mulai bermain dengan domba-domba itu. Untuk menjaga mainan baru anaknya, si pemburu itu mengkerangkeng anjing pemburunya.

Sejak saat itu anjing-anjing itu tidak pernah mengganggu domba milik petani. Untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedermawanan petani kepada anak-anaknya, pemburu itu sering membagi hasil buruan kepada petani. Sebagai balasannya, sang petani mengirimkan daging domba dan keju buatannya. Akhirnya tetangga itu menjadi teman yg baiknya.

Koda:

Ada sebuah ungkapan kuno mengatakan, "cara terbaik untuk mengalahkan dan mempengaruhi orang adalah dengan kebajikan dan belas kasih."

Baca Juga: 5 Contoh Cerita Liburan saat Lebaran yang Berkesan untuk Tugas Sekolah

2. Hilda dan Ulangan Fisika

Abstraksi:

Hilda merupakan siswa kelas 9 di SMA Ruang Raya, Bandung. Dia merupakan anak pendiam yang jarang bersosialisasi dengan teman-temannya. Ia merupakan anak tunggal, sementara kedua orang tuanya sibuk bekerja. Bahkan dalam kesehariannya di sekolah, Hilda juga jarang berkumpul dengan temannya.

Orientasi:

Suatu hari, Hilda akan menghadapi ulangan yang paling tidak dia sukai, yaitu mata pelajaran Fisika. Selena adalah teman sekelas Hilda yang juara Fisika. Setiap ulangan, dia selalu mencetak nilai terbaik di kelasnya. Hilda sebenarnya ingin meminta bantuan Selena untuk mengajarinya belajar Fisika, tapi dia tidak berani bertanya.

Komplikasi:

Selena merupakan anak yang mudah bergaul. Bahkan, teman-temannya sering kali meminta bantuan mengajari semua pelajaran, termasuk Fisika. Melihat hal itu, Hilda ingin sesekali menyapa dan mengobrol dengan Selena untuk mengajarinya Fisika.

Resolusi:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm