7 Teks Pidato Hari Kartini 2024: Singkat, Mudah Dihafal, Inspiratif

18 April 2024 16:05 WIB
Kumpulan contoh teks pidato Hari Kartini 2024 yang singkat, pendek, mudah dihafal, dan inspiratif.
Kumpulan contoh teks pidato Hari Kartini 2024 yang singkat, pendek, mudah dihafal, dan inspiratif. ( Freepik)

Sonora.ID - Setiap tanggal 21 April masyarakat Indonesia selalu memperingati peringatan nasional Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini berawal dari Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) No 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964.

Dalam Keppres tersebut, Presiden Soekarno menetapkan RA Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional serta menetapkan Hari Kartini sebagai hari besar Nasional yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya.

Tanggal 21 April dipilih berdasarkan hari lahir Raden Ajeng (RA) Kartini yang lahir pada 21 April 1879.

Untuk mengenang perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan dalam bidang pendidikan dan kesetaraan antara pria dan wanita, mari kita simak kumpulan contoh teks pidato Hari Kartini tahun 2024 ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 20 Soal Cerdas Cermat Hari Kartini 2024 dan Kunci Jawabannya

Teks Pidato Hari Kartini 2024: Singkat, Mudah Dihafal, Nasionalisme

Contoh 1

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak dan Ibu guru yang ada di sekolah,

dan teman-teman yang saya cintai.

Selamat pagi saya ucapkan kepada kalian semua yang hadir pada acara hari ini. Pertama-tama mari kita berdoa dan panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah Swt, yang di mana atas berkah dan limpahan rahmat-Nya kita dapat bertemu pada kesempatan ini untuk memperingati hari lahirnya wanita hebat yang bernama Raden Adjeng Kartini.

Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia, penggalan lirik lagu buatan W.R. Soepratman tidaklah dibuat asal-asalan.

Syair tersebut memiliki makna yang dalam untuk menggambarkan sosok putri Indonesia ini.

Namanya Raden Adjeng Kartini, kita mengenalnya sebagai Ibu Kartini.

Lahir pada tanggal 21 April 1897, siapa sangka wanita ini akan menjadi ibu bagi kaum wanita yang ada di Indonesia.

Rasa cintanya yang begitu dalam untuk bangsa ini khususnya bagi para wanita yang kasihnya dapat dirasakan sepanjang masa.

Kepeduliannya akan nasib wanita di Indonesia tidaklah main-main, banyak sekali hal-hal luar biasa yang diwariskan oleh Kartini kepada generasi penerusnya, satu di antaranya pemikiran-pemikiran merdekanya.

Di mana pemikirannya semuanya berisi mengenai para kaum wanita, bagaimana kaum wanita seharusnya diperlakukan dan bagaimana status sosial yang baik bagi wanita.

Semuanya dipikirkan dengan sungguh-sungguh oleh Kartini tanpa terlewat sedikitpun. Cita-citanya sungguh mulia untuk kemajuan para wanita di Indonesia, yang pada waktu itu hak-hak kaum wanita masih kerap direndahkan bahkan juga sampai dilupakan.

Berangkat dari hal-hal itulah, Kartini menghabiskan hidupnya untuk menyuarakan hak-hak wanita agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Benar saja, buah dari hasil pemikiran-pemikiran Kartini dijadikan sebagai landasan bagi kaum wanita setelahnya untuk bersama-sama bersatu meraih tujuan yang sama, yaitu mewujudkan kesetaraan sosial bagi kaum wanita.

Buah-buah dari pemikirannya tersebut sebagai roda penggerak semangat bagi para kaum wanita untuk memperjuangkan hak-haknya agar menjadi lebih adil, mereka hanya ingin setara dengan kaum laki-laki, yang artinya tidak kurang dan tidak lebih.

Bahwasannya wanita ada untuk dihargai dan dicintai, bukan hanya ada untuk dimanfaatkan saja kehadirannya yang jika sudah tidak diperlukan lagi, maka dibuang sudah.

Buah dari perjuangan Kartini bisa dirasakan hingga saat ini dan semoga akan tetap terjaga sepanjang masa.

Kisahnya yang tetap abadi diceritakan dari mulut ke mulut dari waktu ke waktu, sehingga pemikiran-pemikiran hebatnya akan tetap utuh walaupun raganya sudah tak lagi utuh ditelan bumi. Itulah Kartini, ibu bagi seluruh wanita Indonesia.

Sekian dari pidato tentang Hari Kartini yang bisa saya bacakan. Jika ada kesalahan kata yang terucap, saya meminta maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Contoh 2

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua.

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Pada tahun 2024 ini kita kembali memperingati momentum Hari Kartini yang merupakan awal kisah besar mengenai emansipasi wanita.

Hari Kartini setiap tahunnya diperingati pada tanggal 21 April. Dan, 21 April pula merupakan tanggal lahirnya Raden Ajeng Kartini, tepatnya pada tanggal 21 April 1879.

Awal peringatannya ialah pada tanggal 2 Mei 1964, setelah Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Bila kita hitung kembali, artinya sudah ada 58 kali negeri ini memperingati Hari Kartini sekaligus menyuarakan hak-hak perempuan di Indonesia.

Walaupun begitu, diterangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) bahwa ternyata ada sebanyak 10.247 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan sepanjang 2021.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm