Sekda Banjarmasin Pimpin Pertemuan Perumda PALD dan IWK Malaysia

16 Mei 2024 14:46 WIB
Pertemuan Perumda PALD dengan IWK Malaysia
Pertemuan Perumda PALD dengan IWK Malaysia ( )

Banjarmasin, Sonora.ID - Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, memimpin pertemuan penting antara Pemerintah Kota Banjarmasin, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelola Air Limbah Daerah (PALD) Banjarmasin, dan Tim Indah Water Konsortium (IWK) Malaysia. Pertemuan ini berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Kamis (16/05).

Ikhsan Budiman menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut, yang merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Dalam rangka berbagi pengalaman terkait kerjasama operator air dan sanitasi antara Perumda PALD Banjarmasin dan Indah Water Konsortium (IWK) Malaysia.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Waterlinks Filipina, yang merupakan program Hibah dari Uni Eropa Global Operator Partnership.

Program ini telah berjalan selama 3 tahun sejak tahun 2022 hingga 2024. Saat ini, program memasuki tahun ke-3, di mana dilakukan kunjungan monitoring dan evaluasi terhadap pelatihan dan bimbingan teknis yang telah diberikan.

 Baca Juga: Meter Air Banyak Hilang, PAM Bandarmasih Ingatkan Hal Ini ke Pelanggan

Dengan sisa waktu pelaksanaan kurang lebih 6 bulan, diharapkan semua program pelatihan dapat diselesaikan sesuai rencana.

"Ini sebenarnya kerjasama di tahun ke-3 dari dari kita Perumda PAL di banjarmasin dengan perusahaan di Malaysia indah water Konsortium di mana bentuk kerjasamanya adalah peningkatan dan kapasitas untuk operator air penanganan air," ucapnya.

Ikhsan Budiman menyatakan pentingnya kesempatan ini bagi Perumda PALD Banjarmasin dalam mendapatkan bantuan dan hibah, baik dalam bentuk bimbingan teknis maupun pendampingan untuk peningkatan kemampuan operator.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dan hibah tersebut, sebagai wujud nyata dari komitmen internasional dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pengolahan lingkungan yang lebih baik di Banjarmasin.

Kemudian, Pertemuan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang diskusi yang membangun dan produktif antara SKPD Banjarmasin, dengan saling bertukar pikiran, ide, dan pengalaman guna mencapai solusi inovatif dalam pengelolaan air limbah domestik.

Kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat dan menjadi langkah dalam mewujudkan kota Banjarmasin sesuai dengan mottonya, yaitu Banjarmasin Baiman (Bersih Wan Nyaman) dan Lebih Bermartabat.

"Semoga kerjasama ini berlanjut nanti di fase ke-2 sehingga nanti memang peningkatan kapasitas untuk para operator kita itu bisa dilaksanakan secara menyeluruh dan bisa diterapkan di Banjarmasin dalam penanganannya termasuk nanti penanganan mengenai limbah-limbah penanganan dari rumah kemudian pengangkutan dan lain sebagainya," tutupnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, memimpin pertemuan penting antara Pemerintah Kota Banjarmasin, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelola Air Limbah Daerah (