Fokuskan Pangan Aman & Sehat, TP PKK Banjarmasin Latih Kader Penyuluh

24 Mei 2024 15:30 WIB
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hardiyanti Arifin Noor
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hardiyanti Arifin Noor ( )

Banjarmasin, Sonora.ID – Peningkatan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pangan yang aman dan sehat menjadi salah satu fokus Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, dalam Pelatihan Kader Keamanan Pangan Kelurahan yang digelar belum lama ini.

Pelatihan dibuka langsung Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hardiyanti Arifin Noor, bersama dengan Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banjarmasin, Leonard Duma.

Pelatihan menyasar sejumlah kelurahan di Kota Banjarmasin, seperti Kelurahan Sungai Bilu, Sungai Baru, Kuin Utara dan Mantuil, yang digelar selama dua hari yakni di tanggal 21 dan 22 Mei lalu.

Baca Juga: Momen Peringatan Hari Thalasemia Sedunia, Windy Prihastari Launching Buku

“Tak hanya menambah pengetahuan bagi kader penyuluh masyarakat, tetapi juga upaya kita dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pangan yang aman dan sehat. Termasuk juga dalam aksinya atau pengolahan yang paling tidak dimulai dari lingkup keluarga,” tuturnya dalam pengarahan.

Pelatihan yang diikuti oleh seluruh kader penyuluh pangan di lingkungan PKK Kota Banjarmasin diakuinya juga sebagai bentuk penyelarasan 10 program pokok dari organisasi tersebut.

Ia berharap tak hanya sadar akan pentingnya bahan pangan dan olahannya, tapi juga dapat menghindari penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya dalam makanan, seperti boraks, formalin dan jenis pengawet buatan lainnya.

“Jadi jangan asal olah, artinya jangan asal enak atau nyaman saja, tapi harus dipastikan aman,” tegas Yanti.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala BBPOM di Banjarmasin, Leonard Duma, yang berharap nantinya setelah pelatihan ada upaya intervensi kader pangan yang berbasis komunitas.

“Artinya, kita memandirikan komunitas di kelurahan dan masyarakat, mapun di sekolah dan pasar untuk memberikan jaminan keamanan pangan di wilayahnya,” tutur Leo.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm