U-Turn Depan Jalan PIL Ditutup, Begini Penjelasan Kadishub Kubu Raya

26 Mei 2024 10:20 WIB
U - Turn yang berada di depan Jalan Pondok Indah Lestari (PIL), Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya, ditutup sejak Kamis, 23 Mei.
U - Turn yang berada di depan Jalan Pondok Indah Lestari (PIL), Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya, ditutup sejak Kamis, 23 Mei. ( William)

Kubu Raya, Sonora.ID - Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Odang Prasetyo menjelaskan alasan mengapa U-Turn yang berada tepat di depan Komplek Pondok Indah Lestari (PIL), jalan Arteri Supadio, ditutup mulai tanggal 23 Mei.

Odang mengatakan dari kajian dan rapat yang dilakukan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Kubu Raya melihat dan mengevaluasi terkait dengan kinerja lalu lintas di Jalan Arteri Supadio khususnya di depan jalan PIL dan jalan Parit Haji Muksin disimpulkan bahwasanya U - Turn tersebut tidak optimal.

Indikator yang menjadi pertimbangannya adalah banyak terjadi pelanggaran yang menimbulkan tingginya angka kecelakaan.

"Pelanggaran lalu lintas misalnya melawan arus, " terang Odang saat dihubungi sonora.id, Sabtu, 25 Mei 2024.

Kemudian evaluasi kedua lanjutnya, untuk mengurangi kemacetan. Pada waktu jam - jam kerja pagi misalnya yang biasanya padat. Dia katakan hasil analisa dalam rangka untuk mengurangi kecelakaan, "sehingga kita sepakat U - Turn kita tutup sementara dan beberapa waktu nanti akan dilakukan penutupan secara permanen, " imbuhnya.

Sementara untuk solusi yang diambil pihaknya untuk para pengguna jalan adalah dengan menggeser U - Turn ke depan Qubu Resort.

Baca Juga: Polres Kubu Raya Gagalkan Aksi Tawuran dan Amankan 6 Remaja Yang Terlibat Beserta Barang Bukti

"Sehingga dengan kita geser U - Turn ke Qubu Resort, kemacetan maupun angka kecelakaan akan semakin berkurang, " katanya.

Odang mengatakan sejauh ini respon masyarakat khususnya pengguna jalan yang biasanya melewati rute Pontianak - Supadio dan sebaliknya, mendukung terkait dengan penutupan U - Turn tersebut.

Seperti halnya Tedy, salah satu warga Kuala Dua, Kubu Raya yang memberikan tanggapannya.

"Saya pribadi menanggapi positif akan penutupan U - Turn tersebut, soalnya memang jalur itu sering dilewati warga yang lawan arah, jadi, ya bagus sih, "ujarnya.

Lain dengan Uli yang walau dia merupakan warga kota Pontianak, namun ia lumayan sering melewati U - Turn ini. "Jadi makin jauh mutarnya, kalau dari Serdam yang arah RSUD, " ucapnya. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm