Buka Sriwijaya Expo 2024, Pj Gubernur Sumsel Komitmen Kembalikan Kejayaan Bumi Sriwijaya

26 Mei 2024 10:25 WIB
Pj Gubernur Sumsel membuka Sriwijaya Expo 2024
Pj Gubernur Sumsel membuka Sriwijaya Expo 2024 ( Sonora Palembang)
Palembang, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berkomitmen akan mengembalikan kejayaan Bumi Sriwijaya.
 
Hal ini diungkapkan saat secara resmi membuka kegiatan Sriwijaya Expo 2024 di Halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/5/2024).
 
Fatoni mengatakan tahun 2024 akan dijadikan sebagai tahun kebangkitan Kerajaan Sriwijaya.
 
Ini dikarenakan, Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar sehingga sudah selayaknya Museum Sriwijaya diaktifkan kembali.
 
"Kita akan aktifkan kembali Museum Sriwijaya yang merupakan kebanggaan Sumatera Selatan dan Indonesia. Juga akan mengumpulkan benda-benda bersejarah di seluruh dunia yang memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya dan akan kita himpun menjadi satu. Bahkan kita juga akan aktifkan kembali museum tekstil, dan membuat kain songket terpanjang di dunia yang rencananya panjangnya nanti 2 kilometer,” ucap Fatoni.
 
Kejayaan Bumi Sriwijaya ini juga telah dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti launching Kopi Sumel pada 12 Mei 2024 lalu kemudian pameran Kopi Sumsel di Korea Selatan.
 
 
Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga berupaya memperbarui produk kopi serta memberikan insentif pengembangan kopi sehingga menjadikan Kopi Sumsel sebagai tuan rumah di daerah sendiri.
 
Baca Juga: Sriwijaya Expo 2024 Digelar, Kampanyekan Gerakan BBI dan BBWI

"Bersama KADIN, kita sudah launching Kopi Sumsel dan dalam waktu dekat kita akan buat rekor Muri minum kopi terbanyak,” kata Fatoni.

Lebih lanjut Fatoni menyebut Sriwijaya Expo 2024 merupakan expo terbesar tingkat provinsi se-Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan penghargaan bagi seluruh pihak sekaligus sebagai pendorong dan penggerak ekonomi Sumsel.

Terakhir, Fatoni menyambut baik terlaksananya kegiatan pameran Sriwijaya Expo tahun 2024 ini yang dirangkaikan dengan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) dan BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia) 2024. 

"Saya berharap pameran ini menjadi etalase bagi produk-produk berkualitas yang ada di Sumatera Selatan,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaiba dalam laporannya mengatakan Sriwijaya Expo bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan, jasa, kerajinan dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk UMKM Sumsel.

“Sriwijaya Expo diselenggarakan dari tanggal 24 Mei hingga 28 Mei 2024 yang diisi dengan berbagai kegiatan hiburan, perlombaan maupun pertunjukan kesenian. Peserta pameran dari Dekranasda Kabupaten/Kota dan BUMN/BUMD. Terdapat 110 stand pameran di luar stand-stand makanan,” tutupnya.

Turut serta mendampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, di antaranya Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, Sekda Sumsel SA Supriono, Kepala OJK Regional Sumsel Babel Untung Nugroho dan Bupati/Walikota se-Sumsel.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News


Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm