Ilustrasi/ Suasana di Stasiun Bandung (
Dok. Humas Daop 2 Bandung)
Bandung, Sonora.ID – Menghadapi lonjakan penumpang selama libur panjang Hari Raya Waisak 2569 BE/2025 M, yang jatuh pada Senin, 12 Mei 2025 dan bertepatan dengan akhir pekan panjang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung telah menyiapkan sebanyak 124.703 tempat duduk. Ketersediaan ini berlaku untuk periode lima hari, mulai Jumat, 9 Mei hingga Selasa, 13 Mei 2025.
Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menyatakan bahwa langkah ini merupakan bentuk antisipasi terhadap peningkatan volume penumpang yang diperkirakan signifikan pada masa libur Waisak tahun ini.
“Kami memprediksi adanya lonjakan jumlah pelanggan selama libur panjang kali ini. Oleh karena itu, kami memaksimalkan operasional kereta reguler dan menambah perjalanan kereta tambahan guna mendukung mobilitas masyarakat,” ucap Kuswardojo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/5/2025).
Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah pengoperasian Kereta Api Lodaya Tambahan dengan rute Bandung – Solo Balapan (pulang-pergi).
"KA ini akan beroperasi selama tiga hari, mulai 11 hingga 13 Mei 2025. Keberangkatan dari Stasiun Bandung dijadwalkan pukul 10.10 WIB dan tiba di Solo Balapan pada pukul 18.50 WIB," ungkap Kuswardojo.
"Diharapkan, layanan tambahan ini bisa menjadi alternatif transportasi bagi masyarakat yang menuju wilayah DIY, Jawa Tengah, dan sekitarnya," imbuhnya.
Kuswardojo mengungkapkan, hingga Jumat (9/5), sekitar 82 persen dari total kursi yang tersedia telah terjual.
“Dari total 124.703 kursi, sebanyak 101.442 tiket telah dipesan. Ini menunjukkan animo masyarakat yang sangat tinggi untuk bepergian menggunakan kereta api pada masa libur panjang ini,” sebut Kuswardojo.
Dengan tingkat okupansi yang sudah tinggi, masyarakat diimbau untuk segera memesan tiket, khususnya pada tanggal-tanggal keberangkatan favorit, guna menghindari kehabisan tiket.
“Pastikan perjalanan Anda aman dan nyaman dengan mematuhi aturan yang berlaku, menjaga kondisi kesehatan, dan datang lebih awal ke stasiun. Ini penting agar perjalanan berjalan lancar sesuai rencana,” tutup Kuswardojo.
Informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan pemesanan tiket dapat diakses melalui layanan Contact Center KAI 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau melalui akun media sosial resmi PT KAI.