Sonora.ID - Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti bersama Wali Kota Yogyakarta, Hasto Wardoyo mengecek langsung layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RS Pratama Yogyakarta.
Pemeriksaan di tempat dilakukan guna memastikan layanan kesehatan dengan penjaminan JKN diberikan dengan baik sesuai regulasi yang berjalan.
"Tadi kami berkeliling di layanan rawat jalan dan sudah baik. Alur peserta yang datang jelas dan kebersihan rumah sakit sangat terjaga. Kami sempat berbincang sebentar dengan peserta yang sedang menunggu dan mereka menyampaikan bahwa pelayanan yang diterima sudah sesuai dan tidak ada diskriminasi. Peserta terlayani dengan baik dari segi layanan dokter hingga obat-obatan,” ujar Ghufron, Rabu 11 Juni 2025.
Ghufron menyoroti pemanfaatan i-Care JKN untuk membantu memenuhi kebutuhan tenaga medis terhadap riwayat kesehatan pasien. Dalam beberapa kasus, pasien maupun anggota keluarga kesulitan menjelaskan dengan pasti, terlebih jika pasien sudah lanjut dan anggota keluarga tidak mengetahui runtutan penyakit pasien.
Melalui i-Care JKN dokter dapat melihat riwayat pelayanan kesehatan yang diterima pasien selama satu tahun terakhir sehingga penegakkan diagnosa menjadi lebih cepat dan akurat.
“Sistem disini sudah elektronik dan sudah memanfaatkan i-Care JKN dengan baik. Jadi pasien periksa satu tahun yang lalu bisa diketahui dengan mudah oleh dokter. Suatu ketika dirujuk ke Jakarta misalnya, dokter disana sudah tahu kondisi pasien dengan data yang jelas.
Penggunaan i-Care JKN di RS Pratama kami harapkan meningkatkan kualitas layanan pada peserta JKN,” tambah Ghufron.
Ghufron menghimbau bagi peserta yang akan berobat baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun rumah sakit agar menggunakan layanan antrean online di Aplikasi Mobile JKN. Selain cepat, antrean bisa diambil hanya dengan beberapa kali klik pada aplikasi. Melalui waktu perkiraan yang tertera di aplikasi, pasien bisa datang ke fasilitas kesehatan jika antreannya sudah dekat.
“Dari Aplikasi Mobile JKN peserta bisa memantau antrean rumah sakit. Jadi peserta tahu sekarang sudah antrean nomor berapa. Tentu ini sangat membantu mengurai antrean di fasilitas kesehatan. Jika ada kendala langsung tanyakan pada petugas BPJS SATU di setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan kami,” ujar Ghufron.
BPJS Siap Membantu atau BPJS SATU adalah petugas khusus dari rumah sakit dan BPJS Kesehatan yang siap membantu peserta saat mengalami kendala pelayanan. Nama dan nomor telepon petugas tercantum dalam poster yang ditempatkan di lokasi strategis rumah sakit. BPJS Kesehatan membuka seluas-luasnya kesempatan bagi peserta yang membutuhkan informasi dan layanan pengaduan.