Find Us On Social Media :
ilustrasi olahraga (freepik)

Sudah Rajin Nge-Gym, Kenapa Berat Badan Justru Semakin Bertambah?

Carissa Erlinda - Selasa, 27 Agustus 2019 | 10:00 WIB

Sonora.ID - Saat anda rutin datang ke gym untuk berolahraga, pasti anda berharap berat badan anda akan mengalami penurunan. Apalagi jika anda sudah berusaha menjaga diet anda dengan makan makanan bernutrisi.

Namun, bukannya mengalami penurunan, jarum timbangan anda justru bergeser ke kanan, pertanda berat badan anda justru bertambah.

Ternyata, itu adalah hal yang wajar. Seperti dikutip dari prevention.com, sejumlah riset menunjukkan bahwa sebagian besar orang tidak bisa menurunkan berat badan hanya dengan olahraga.

Baca Juga: Sering Main Handphone Hingga Larut Malam, Pria Ini Terkena Penyakit Berbahaya

Ada banyak faktor lain yang memengaruhi, seperti pilihan gaya hidup atau kebiasaan yang membuat berat badan anda terus bertambah.

1. Kalori yang dikonsumsi melebihi kalori yang dibakar

Sebuah penelitan dari Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa olahraga tidak begitu berpengaruh dalam penurunan berat badan, karena biasanya nafsu makan seseorang justru meningkat setelah mereka berolahraga.

Torey Armul dari Academy of Nutrition and Dietetics menyebut, "saat anda mulai berolahraga, tubuh anda membakar lebih banyak kalori. Dan saat anda membakar lebih banyak kalori, tubuh anda secara alami menginginkan asupan kalori untuk menggantikan kalori yang sudah terbakar."

Baca Juga: Anda Perempuan yang Sudah Menopause? Hati-Hati dengan Asam Urat Tinggi

Armul juga menambahkan, orang cenderung salah memprediksi berapa banyak kalori yang sudah mereka bakar saat berolahraga. Sebaiknya anda mencatat berapa banyak kalori yang anda bakar, dan berapa banyak kalori yang masuk saat anda makan.

Selain itu, banyak orang yang memutuskan berolahraga agar mereka bisa makan lebih banyak. Padahal itu adalah hal yang salah.