Find Us On Social Media :
Ilustrasi Tempe (tribunews.com)

Dijuluki Sebagai Superfood, Ternyata Nutrisi Daging Sapi Terdapat pada Tempe

Lilis Nur Indah Sari - Minggu, 23 Mei 2021 | 11:05 WIB

Sonora.ID - Selain dikenal karena wisata alamnya yang indah, Indonesia juga memiliki beberapa makanan khas yang sudah mendunia.

Salah satunya adalah tempe, makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai dan ragi ini ternyata telah ditemukan ribuan tahun yang lalu oleh nenek moyang kita.

Makanan yang sudah banyak digandrungi oleh masyakarat Indonesia ini berasal dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pada zaman dahulu tempe lebih indentik sebagai simbol kemiskinan karena makanan ini tergolong murah dan banyak dikonsumsi oleh masyakarat menengah ke bawah, karena bahan dasar tempet yakni kedelai merupakan produksi pertanian yang harganya murah.

Berkat ditemukannya manfaat tempe melalui penelitian para ahli, kini makanan murah tersebut diakui oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan juga dikagumi oleh bangsa-bangsa lain. Tak bisa disangkal jika tempe pantas diberi julukan sebagai makanan superfood.

Melansir dari Kompas.com, berikut tiga alasan mengapa tempe disebut sebagai makanan superfood.

Baca Juga: 3 Tips Jaga Tubuh Saat Lebaran Biar Nggak Jadi Lebar-an

1. Kandungan nutrisi pada tempe

Ternyata kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe tidak kalah dengan daging sapi. Bahkan kandungan protein dan kalsium pada tempe bisa lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi.

Meski memiliki level energi yang sama, ternyata kandungan lemak jenuh dan kandungan garam yang dihasilkan oleh tempe jauh lebih rendah.

Sedangkan kandungan seratnya jauh lebih tinggi pada tempe daripada daging sapi.

Selain itu pada tempe juga terdapat kandungan vitamin B12 sumber hewani yang kadang belum tentu terdapat pada daging sapi.