Find Us On Social Media :
Ilustrasi meditasi (Freepik)

3 Metode Merefleksikan Diri Menyambut Tahun Baru yang Lebih Cemerlang

Debbyani Nurinda - Kamis, 30 Desember 2021 | 14:54 WIB

Sonora.ID – Setiap manusia terlahir tidak sempurna, kita memiliki kekurangan dan kelebihan yang menjadikan masing-masing individu istimewa dengan caranya sendiri.

Nggak hanya sebagai ajang untuk bersenang-senang, makna pergantian tahun juga perlu disambut dengan hikmat.

Guna menyongsong masa depan yang lebih cemerlang, tahun baru kerap djadikan momen yang tepat untuk kembali merencanakan resolusi berisikan harapan dan target yang ingin dicapai selama setahun kedepan.

Dengan tujuan agar hidup kita lebih terarah terutama dalam mencapai tiap milestone yang telah kita capai.

Namun terkadang, karena terlalu sibuk merencanakan resolusi, kita kerap melupakan tahapan sebelum itu yang nggak kalah penting bahkan bisa memberikan dampak yang luar biasa dalam kesuksesan.

Yaitu merefleksikan diri. Sudahkah kamu merefleksikan diri sebelum menutup tahun 2021 dan memulai lembaran baru di tahun 2022?

Refleksi diri adalah bagian dari proses introspeksi diri yang dilakukan dengan cara melihat kembali dan merenungkan berbagai hal yang telah terjadi di dalam hidup.

Apa yang harus direnungkan? Kalian bisa mulai dengan kebiasaan, pengalaman, perasaan, dan keputusan yang telah dilakukan selama menjalani kehidupan sehari-hari.

Pasalnya merefleksikan diri dapat digunakan sebagai cara berterima kasih pada sendiri karena telah mampu melewati kesulitan dan perjuangan di tahun ini.

Selain itu, refleksi diri juga bisa membuka kesempatan untuk melihat hal-hal penting dari setiap kejadian yang sudah pernah kamu lalui.

Bahkan, apabila dilakukan secara rutin dan dengan cara yang tepat, refleksi diri bisa membuat hidup Anda lebih sehat, seimbang, dan bahagia.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk merefleksikan diri? Berikut 5 meotde mudah yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Kenali, 5 Jenis Meditasi yang Mudah Dilakukan untuk Para Pemula